Umat Hindu Laksanakan Ritual Melasti, PD Jasa Yasa Gratiskan Tiket Masuk Pantai Balekambang

Umat Hindu Laksanakan Ritual Melasti, PD Jasa Yasa Gratiskan Tiket Masuk Pantai Balekambang

4 Mar 2019, 15.39
Loading...
Foto: Umat Hindu melaksanakan ritual di pantai Balekambang
Malang satu – Umat Hindu melaksanakan upacara Ritual Melasti di pantai Bakekambang, senin (4/3/2019) dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi 1941 tahun 2019, PD Jasa Yasa Kabupaten Malang gratiskan tiket masuk pantai Balekambang.

Dirut PD Jasa H Achmad Faiz Wildan menyampaikan bahwa Ritual Melasti ini dilakukan rutin setiap tahun oleh umat Hindu di pantai Balekambang.

“Setiap tahun Umat Hindu dari luar daerah seperti Bali dan Banyuwangi dll, selalu datang ke Pantai Balekambang. Mereka melaksanakan ritual melasti disini, dan Mereka menginap di sejumlah pengginapan yang ada dan ada pula yang mendirikan tenda di pinggir pantai,” ujarnya.

Pantai Balekambang menjadi tujuan tempat ritual melasti umat Hindu karena di pantai Balekambang ini ada tempat ibadah sakral bagi umat Hindu yakni pura Ismoyo.

"Dari kemarin kita sudah siapkan untuk menyambut umat Hindu yang akan melaksanakan ritual melasti, kami memberikan kenyamanan bagi umat Hindu yang sedang melaksanakan ritual di Balekambang. Upacara Ritual Melasti ini juga menarik minat wisatan untuk menyaksikannya,” terang Wildan.

Khusus untuk umat Hindu yang melaksanakan Ritual melasti ini, PD Jasa Yasa menggratiskan untuk tiket masuk ke pantai Balekambang, ini bentuk penghormatan dan apresiasi kami untuk umat Hindu.

Tidak kurang dari 1000 umat Hindu memadati Pantai Balekambang dalam upacara ritual Melasti hari ini.

“kami memberikan pelayanan untuk umat Hindu, agar dalam melaksanakan ritual melasti umat Hindu merasa nyaman di Balekambang. Dan disekitar area ritual, kami juga menyiapkan pasar bagi Umat Hindu yang menjual aneka kebutuhan ritual melasti,  seperti dupa dan minyak wangi". Jelasnya

Umat Hindu melaksanakan Ritual melasti dipantai Balekambang dengan melakukan beberapa upacara atau ritual diantaranya adalah dengan melakukan larung Sebanyak 44 jolen (sesaji),  jolen ini dilarung pada saat upacara Jalanidhi Pujaatau Melasti di Pantai Balekambang, Upacara Jalanidhi Puja dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi 1941 Saka tahun 2019.

Sebelum dilarung, seluruh jolen (sesaji) terlebih dahulu dilakukan ritual Pra Daksina, yakni ritual memberangkatkan seluruh jolen yang ditandu dari Pendopo menuju Pantai Balekambang.(*)

TerPopuler