Ubah Sampah Jadi Berkah, Bank Sampah Sidoasri Adakan Pelatihan

Ubah Sampah Jadi Berkah, Bank Sampah Sidoasri Adakan Pelatihan

3 Mar 2019, 22.07
Loading...
Foto: Sambutan Yani Ketua Bank Sampah Sidoasri
Malang Satu - Bank Sampah Sidoasri Gampingan Kabupaten Malang menyelenggarakan pelatihan dan lokakarya limbah rumah tangga kepada masyarakat Desa Bumirejo Kecamatan Dampit pada hari Minggu (3/3/2019) didampingi oleh Mahasiswa KKN-T Unira.

Kegiatan pelatihan tersebut mengambil tema Membentuk Leader Wanita Kreatif dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Rumah Tangga. Kegiatan ini melatih ibu-ibu rumahtangga untuk terampil membuat sapu dari bahan sampah plastik bekas yang ada.
Selain pelaksanaan pelatihan pembuatan sapu dari sampah plastik juga dibentuk Kelompok Wanita Kreatif.

Dengan adanyanya kelompok kreatif ini diharapkan dapat membentuk leader-leader baru yang dapat memberikan perubahan dalam masyarakat.

Ketua BUMDesa Bumirejo, Sudarmaji dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir.

“Saya berterimakasih atas antusiasme warga Bumirejo yang sangat tinggi, saya harap dengan adanya pelatihan dan  lokakarya ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi masyarakat dan sekaligus dapat menambah  nilai ekonomi bagi masyarakat, serta mohon dukungannya dari semua pihak yang hadir untuk selalu berkoordinasi serta saling menyemangati demi kesuksesan Bank Sampah Desa Bumirejo," imbuhnya.

Sedangkan Yani, Ketua Bank Sampah Sidoasri menjelaskan tujuan yang harus dipenuhi Bank Sampah.

Ada beberapa tujuan yang harus dipenuhi oleh Bank Sampah untuk menetapkan identitasnya yakni, menciptakan lingkungan yang indah, asri dan rapi, Mengembangkan jaringan untuk menciptakan kelompok-kelompok baru dalam masyarakat, Mengurangi jumlah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Bank Sampah harus menjadi tempat edukasi serta pusat kreativitas, memberikan nilai ekonomis untuk sumber sampah,” lanjutnya.

Dalam kegiatan pelatihan dan lokakarya limbah rumah tangga ini, Yani menyampaikan  materi pemanfaatan limbah botol plastik menjadi sapu lantai.

Diharapkan dengan pelatihan ini, masyarakat Desa Bumirejo dapat mempraktikan ilmunya di rumah serta sebagai permulaan sebagai contoh produk dari sampah untuk melatih insting kreativitas masyarakat.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Koordinator Bank Sampah Kecamatan Dampit Siti Susilowati, Yeni Kristyowati dari Bank Sampah Kipas Darling Dampit, agen-agen bank sampah Desa Bumirejo, Ketua serta Sekretaris Bumdes, ibu-ibu kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), ibu-ibu Muslimat dan Fatayat Desa Bumirejo.(*)

TerPopuler