Perkuat Sensori di Masyarakat, FTP UB - FT UPN Veteran Jatim Jalin Kerjasama

Perkuat Sensori di Masyarakat, FTP UB - FT UPN Veteran Jatim Jalin Kerjasama

2 Mar 2019, 11.38
Loading...

Malang Satu -  Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Dr. Ir. Imam Santoso, MP. menandatangani nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding) dengan Dekan Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Dr. Dra. Jariyah, MP. di Ruang Sidang FTP lantai 8.

FTP UB dan FT UPN “Veteran” yang berkedudukan di Jalan Gunung Anyar, Surabaya ini  secara bersama-sama sepakat mengadakan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kegiatan lain yang menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya Dekan FTP, Dr. Ir. Imam Santoso  menjelaskan, Terdapat tiga jurusan di FTP yaitu Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Keteknikan Pertanian. Selain itu kita juga memiliki beberapa research group seperti  Agroindustri Palma, Agroindustri Atsiri, Halal Qualified Industry, Bioproses Limbah, Ilmu Sensori dan Pangan Terapan serta beberapa grup riset lainnya.

"Kebetulan grup riset Ilmu Sensori dan Pangan Terapan kami ini telah beberapa kali melakukan kegiatan bersama UPN Veteran, semoga dapat menjadi landasan yang baik untuk kerjasama ini. Terutama mengingat ilmu sensoris dan pangan terapan yang masih terbatas di Jawa Timur, padahal pengembangannya perlu dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar khususnya industri pangan dan tren perkembangan ilmu pangan terkini. Karenanya, ilmu sensoris dan pangan terapan merupakan ujung tombak yang sangat vital sehingga penelitian-penelitian aplikatif kini akan semakin mengarah pada consumer-based research agar teknologi/produk yang dikembangkan lebih berdaya guna. Tetapi tidak hanya terbatas pada ilmu sensori saja, harapan saya, semoga setelah penandatanganan MoU ini dapat ditindak lanjuti dengan kegiatan kegiatan positif bagi kedua pihak, baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan atau kegiatan lainnya yang menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.” paparnya.

Senada dengan Dekan FTP, Dekan FT UPN “Veteran” Jawa Timur Dr. Dra. Jariyah, MP. juga memaparkan harapannya semoga kesepakatan bersama ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan yang saling mendukung diantara kedua pihak.

“Alhamdulillah kita dapat bersilaturahmi dalam penandatanganan MoU kali ini. Sebenarnya sebelum ini kami sudah sering saling sharing perkembangan pembelajaran dengan THP meski belum ada MoU ini. Saat ini kami memiliki lima program studi yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Pangan, Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil. Sesuai dengan program Dikti bahwa salah satu parameter outcome kita adalah kerjasama.   Semoga kesepakatan ini tidak hanya diatas kertas semata tetapi juga dapat dikembangkan dengan program program selanjutnya untuk saling mendukung perkembangan kedua pihak. Selain itu kami juga berharap dapat menyerap sedikit ilmu terkait Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa PKM UB selalu unggul di tingkat nasional. Jadi kami harap nanti FTP dapat sedikit sharing,” jelasnya.

Tampak hadir dalam acara penandatangan MoU yang berlaku selama lima tahun ini jajaran dekanat dan pimpinan kedua belah pihak.  Dari FTP UB meliputi Wakil Dekan I, Agustin Krisna Wardani, STP. MSi. Ph.D., Wakil Dekan II, Dr. Dodyk Pranowo, STP. MSi., Wakil Dekan III, Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life.Sc. Ph.D. Ketua Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Dr. Sucipto, Sekretaris Jurusan Keteknikan Pertanian, Evi Kurniawati, STP. MT. Ph.D.

Serta, Sekretaris Jurusan Teknologi Hasil Pertanian yang juga merupakan Ketua Grup Riset Ilmu Sensori dan Pangan Terapan, Kiki Fibrianto, STP. M.Phil. Ph.D. Sementara itu FT UPN “Veteran” juga diwakili oleh Ir. Hj. Kindriari Nurma Wahyusi, MT. sebagai Wakil Dekan II dan Dr. Ir. Minto Waluyo, MM. yang merupakanWakil Dekan III. (aga)

TerPopuler