Kawal Dana Desa, Kejaksaan Negeri Kepanjen Lakukan Tindakan Preventif

Kawal Dana Desa, Kejaksaan Negeri Kepanjen Lakukan Tindakan Preventif

11 Mar 2019, 14.30
Loading...


Malang satu - Kejaksaan negeri Kepanjen akan mengawal implementasi Dana Desa di Kabupaten Malang dengan melakukan tindakan preventif. Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen, Abdul Qohar saat menghadiri sosialisasi 4 pilar di pendopo agung Kabupaten Malang, senin 11/3/2019.

Kejaksaan Negeri Kepanjen akan  berperan aktif dalam mengawal implementasi dana desa untuk menghindari terjadinya penyelewengan Dana Desa tersebut.
“Kami akan ikut berperan aktif mengawal implementasi dana desa tersebut agar tepat sasaran,  dan melalui Dana Desa ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat ,” jelasnya.

Abdul Qohar, mengingatkan Kepada seluruh kepala desa yang hadir dalam kegiatan sosialisasi 4 pilar, terkait prinsip pengelolaan keuangan dana desa yang wajib diterapkan.
“Prinsipnya, pertama, harus transparan dalam pengelolaan dana desa tersebut, artinya harus diketahui oleh masyarakat. Kedua, harus akuntabel, Implementasi dana desa tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan dalam penggunaanya, harus dilakukan dengan benar, Baik kebenaran secara formil dan materiil. Ketiga harus partisipatif, artinya dalam proses mulai penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporanya  melibatkan masyarakat,” tambahnya


Pengelolaan Dana desa menjadi issu menarik ditengah-tengah masyarakat desa akhir-akhir ini, karena pemerintah terus meningkatkan jumlah dana desa tersebut setiap tahunnya, peningkatan dana desa ini merupakan komitmen pemerintah untuk kesejahteraan mastarakat desa melalui dana desa tersebut, sehingga pelaksanaan dana desa ini menjadi bahasan menarik disemua komunitas terutama dalam hal ini adalah aparat penegak hukum agar dana desa tersebut betul-betul bermanfaat untuk masyarakat desa.(*)

TerPopuler