Ini 7 Peluang Bisnis yang bisa dilakukan Mahasiswa

Ini 7 Peluang Bisnis yang bisa dilakukan Mahasiswa

10 Mar 2019, 12.30
Loading...

Ada banyak peluang usaha bagi  mahasiswa yang dengan mudah bisa dikembangkan untuk menambah uang saku. Beberapa pilihan usaha yang bisa dicoba oleh mshasiswa, baik jasa maupun yang berhubungan dengan produk. 

Teknologi infomasi melalui jaringan internet  memberikan dukungan bagi kalangan muda mahasiswa untuk membuka usaha baru. Peluang usaha bagi mahasiswa sekarang ini sungguh luar biasa, inilah kesempatan bsgi para mahasiswa yang notabene adalah anak-anak muda itu menjadi entrepreneur sukses. 

Mau tahu apa saja peluang usaha untuk mahasiswa, berikut ini beberapa pilihan usaha yang bisa dilskukan oleh mshasiswa.

1. Bisnis  Online Shop 
Jangan remehkan usaha jenis satu ini, walaupun cuma  bermodal HP, media sosial dan foto produk, akan tetapi usaha olshop ini bisa menghasilkan omzet tinggi dengan berpenghasilan jutaan rupiah setiap bulannya, tentu angka yang luar biasa bagi mahasiswa yang sedang belajar dikampus.

Ada banyak produk yang bisa dijual, bisa produk kecantikan bagi para mahasiswi misalnya, atau produk-produk fashion seperti tas, sepatu, hijab, gaun, dan asesoris lainya. Bagi mahasiswa bisa juga menjual produk pakaian yang lagi ngetren dikalangan anak muda seperti kaos, hem, dan produk fashion lainnya. 

Bagi Mahasiswa bisa mencoba bisnis ini. Karena hampir semua mahasiswa adalah pengguna aktif internet dan HP. Jika Anda mahasiswa kreatif,  Anda bisa memulai bisnis ini dengan  menjual berbagai produk melalui Dropship atau perusahaan penyedia dagangan.

2. Usaha Reseller
Peluang bisnis ini hampir tidak membutuhkan modal, hanya dibutuhkan kemampuan membangun jaringan pemasaran melalui online dengan menggunakan HP Anda.  Produk yang dijual adalah produk orang lain dimana memang disediakan untuk dijualkan oleh orang lain.

Menjual produk orang lain adalah bisnis yang simpel dan gampang untuk dilakukan. Akan tetapi membutuhkan komitmen dan integritas, karena kepercayaan adalah modsl utamanya. Kalian harus bisa menjaga kepercayaan klien ketika ada yang membeli produk. Sedangkan pelayan menjadi sangat penting mulai dari transaksi, pengiriman barang hingga kualitas produknya.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan waktu luang kalian dan bisa dijalankan dimana saja, kapan saja dengan tanpa modal yang besar.
Kalian bisa menemuka berbagsi jenis produk yang bisa Anda jual sesuai dengan segmen yang akan jadi target sasaran.

3. Web Designer
Menjadi website Designet adalah salah satu peluang bisnis jasa bagi kaluan para mahasiswa. Sekaligus juga bisa mengurus konten web tersebut.
Jasa yang kalian jual bisa jadi lebih sempurna dan lengkap jika di mulai dari pembuatan, optimasi website hingga menciptakan branding produk atau perusahaan menjadi lebih populer.

Lebih keren lagi dari bisnis ini adalah kaluan bisa membangun jaringan pemasaran tanpa batas. Sepanjang ada jaringan internet meskipun kalian tinggal di pelosok desa, kaluan bisa mencari klien dari seluruh dunia.
Tentunya kalian harus memiliki kemampuan dan profesional di bidang web designer ini.

4. Bisnis Jasa Konten Writer
Sekarang ini ada sangat banyak website yang butuh konten writer.
Bisnis jasa yang satu ini sangat terbuka bagi kalian para mahasiswa.
Karena tidak semua orang yang memiliki website memiliki kemampuan menulis,  dan biasanya pemilik website itu meminta kepada mahasiswa untuk menulis di website yang dimilikinya.   
Hal ini bisa dumanfaatkan untuk kalian  menjual jasa penulisan.

Dari bisnis jasa penulisan ini, selain kalian mendapatkan uang, bisnis ini dapat mengasah intelektual, karena setiap hari kaluan dituntut untuk membaca dan mendapatkan banyak informasi baru.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya kemampuan menulis dan kemampuan mengoperasikan komputer atau laptop dan  Hampir semua mahasiswa memiliki komputer atau laptop. 

5. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print
Tingginya kebutuhan dokumen membuat usaha pengetikan dan print menjadi peluang usaha yang terbuka lebar. Kini, bisnis ini banyak dikombinasikan dengan usaha fotokopian sehingga menjadi satu paket layanan dokumen yang lengkap.
Pendapatan dari usaha ini bisa berasal dari tiga sumber sekaligus yakni fotokopi dan penjualan alat tulis seperti kertas dan sebagainya. Kedua, dari jasa pengetikan mulai dari dokumen surat-menyurat resmi berbagai institusi dan berbagai tugas mahasiswa yang butuh diketik. Pendapatan lainnya adalah pendapatan dari biaya print-nya.
Anda juga tak harus menerjuni sendiri pekerjaan ini melainkan membayar satu karyawan untuk berbagai pekerjaan dalam satu toko. Peluang ini sudah berjaya di banyak kota di Indonesia.

6. Bisnis Jasa Les Privat
Mahasiswa memiliki peluang di bisnis jasa les privat ini, ada banyak pilihan untuk membuka sendiri jasa les privat ini, bisa dengan mendatangi dari rumah ke rumah atau dikumpulkan di satu rumah dan bisa juga ditempat kos kamu, yang penting orang tua anak didik kalian menyetujuinya. 

Bisnis jasa Kes Privat ini bisa menjadi tambang uang kalian, asalkan midel pembelajaran kalian menyenangkan dan mudah dimengerti oleh anak didik kalian, tentunya dapat membuat mereka jadi lebih pintar.  Keberhasilan itu bisa dilihat ketika nilai tes semesteran anak didik kalian bertambah bagus atau meningkat. Jika nilai tes bagus, kepercayaan orang tua meningkat dan akan semakin banyak permintaan untuk memberi les anak-anak mereka.

Kalian bisa mencari beberapa murid SD, SMP atau SMU untuk diberi les tambahan sore hari. Dengan membuka bisnis ini sudah tentu, kalian harus menguasai beberapa mata pelajaran dari anak didik kalian. 
Dengan mempelajari buku-buku pelajaran yang digunakan anak didik yang tentunya tidak sulit bagi kalian yang berstatus mahasiswa. Ada hal yang paling sulit dalam bisnis jasa les privat ini, yakni menjadikan diri kalian seorang tentor yang nyaman bagi anak didik.

7. Bisnis Pulsa Elektronik
Kalian bisa menjalankan bisnis ini hanya dengan  bermodal HP dan memanfaatkan jaringan pertemanan kalian di kampus sebagai captive market. Kalian hanya butuh modal HP saja untuk bisnis jualan pulsa ini  dan bisa dilakukan kapan saja dan dumana saja. Kalian tinggal membangun pertemanan seluas-luasnya untuk memperbanyak pelanggan.

Peluang bisnis ini sangat menggiurkan karena kita tahu hari ini pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok. Siapa yang tidak butuh pulsa internet sekarang ini? Anak muda khususnya para mahasiswa adalah kelompok yang paling membutuhkan kuota internet dibanding golongan anak muda yang lain. Mahasiswa paling butuh kuota internet untuk mengerjakan beragam tugas kuliah dan mendapatkan asupan pengetahuan melalui dunia digital.

Itulah 7 peluang bisnis bagi mahasiswa yang bisa jalankan dengan modal kecil bahkan lebih bermodal niat dan konsistensi serta bisa dilaķukan dengan mudah tanpa harus mengganggu jadwal kuliah kalian. Sudah banyak mahasiswa  yang sukses dengan menjalankan bisnis  ini. Lalu, kenapa kalian hanya diam saja dan cuma menunggu kiriman orang dari tua. Sukses  dan kaya ada didepan mata. (M1)

TerPopuler