Gelar Pra Musrenbang, BAPPEDA Selaraskan Usulan Pembangunan Desa

Gelar Pra Musrenbang, BAPPEDA Selaraskan Usulan Pembangunan Desa

6 Mar 2019, 17.18
Loading...
Foto: Pra Musrenbang Kabupaten Malang di hotel eL Karangploso.
Malang Satu - Gelar Pra Musrenbang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang selaraskan usulan pembangunan desa  yang dilaksanakan, Rabu (6/3/2019) di hotel eL Karangploso.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi dihadiri oleh seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang, dan camat seluruh Kabupaten Malang serta delegasi dari setiap desa di Kabupaten Malang.

Tomie Herawanto, Kepala Bapeda Kabupaten Malang, menjelaskan bahwa Pra Musrenbang ini digelar untuk menyelaraskan berbagai usulan yang masuk dari setiap desa atau kelurahan serta dari kecamatan. Hasil dari pra musrenbang ini nantinya akan di bawa ke forum  Musrenbang Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019 mendatang.

"Musrenbang  tingkat Kabupaten Malang akan digelar pada tanggal 30 maret mendatang, hasil musrenbang ditingkat desa dan kecamatan akan di bahas pada forum musrenbang tersebut, akan tetapi sebelum Musrenbang tingkat Kabupaten kita gelar pra musrenbang agar semua udulan hasil musrenbang tingkat desa dan kecamatan bisa diselaraskan dan dimantabkan terkebih dahulu," terang Tomie

Lebih lanjut, Tomie menjelaskan bahwa semua usulan yang dibuat sudah berbasis pada sistem digital, di mana tahap perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaannya dapat dipantau secara terbuka dengan menggunakan sistem perencanaan dan penganggaran atau Sirendra.

Tomie menekankan bahwa Musrenbang ini sebagai upaya  dalam mencapai pembangunan Kabupaten Malang yang berkelanjutan.

"Pra musrenbang hari ini, semua usulan bisa diselaraaskan dan dimantabkan  dan sistem yang sudah ada ini atau sirendra ini juga bisa dilakukan evaluasi agar jika ada kekurangan bisa segera diperbaiki," jelas Tomie.

Imam Sibaweh, perwakilan dari Desa Karangsari yang menjadi salah satu peserta dalam pra musrenbang tersebut menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakanya kegiatan pra musrenbang oleh Bappeda ini.

"Kami mewakili Kecamatan Bantur dari unsur BPD, sangat baik sekali kegiatan ini sehingga usulan kami yang dari Desa dapat tertampung dalam musrenbang nanti, karena ada penyelaran usulan dan kami bisa menyampaikan usulan secara langsung sehingga dapat didengar oleh pihak pemkab, semoga usulan dari desa dapat menjadi prioritas dalam musrenbang," harapnya (*)

TerPopuler