Galakkan Pemberdayaan UMKM, Dinas Koperasi Gelar sosialisasi dan Pelatihan Kewirausahaan di Desa Palaan.

Galakkan Pemberdayaan UMKM, Dinas Koperasi Gelar sosialisasi dan Pelatihan Kewirausahaan di Desa Palaan.

7 Mar 2019, 18.53
Loading...

Malang satu - Masyarakat Desa Pala’an Kecamatan Ngajum mengikuti sosialisasi pemberdayaan UMKM dan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, Kamis (7/03/2019) didampingi oleh Mahasiswa UNIRA Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi UMKM yang berada di Desa Pala’an serta memunculkan UMKM baru yang dapat meningkatkan potensi perekonomian desa serta membuka peluang lapangan kerja baru. 
Sekretaris Desa Pala’an Supriyono, ST menyampaikan dalam sambutannya, “Acara sosialisasi pemberdayaan UMKM dan Kewirausahaan ini sangat dibutuhkan dan perlu digalakkan didalam masyarakat untuk mengurangi pengangguran dan meminimalkan perpindahan tenaga kerja yang bekerja keluar desa sekaligus berterima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa UNIRA yang telah memiliki inisiatif mengadakan kegiatan ini untuk kemajuan desa Pala’an” tuturnya.

Sedangkan Kepala Badan Permusyawaratan Desa Pala’an, Bapak Ngateno dalam sambutannya juga menambahkan “bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat memiliki dasar dan pengetahuan tentang pentingnya UMKM yang nantinya dapat dikembangkan untuk menjadi potensi unggulan bagi desa, supaya desa pala’an memiliki produk khas desa yang dapat dipromosikan dan dipasarkan ke luar daerah”, pungkasnya.

Hadir dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang Ibu Anik Tri Susilowati, MP yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pengembangan SDM dan Informasi Bisnis sebagai narasumber menyampaikan terkait kewirausahaan, tips-tips menjalankan bisnis yang disukai dan memiliki potensi untuk sukses serta proses pembuatan P-IRT sebagai langkah awal bagi UMKM untuk dapat mengeluarkan produk yang dapat diterima oleh masyarakat.

Anik Trisusilawati, menyampaikan bahwa bisnis yang besar berawal dari UMKM yang sedari awal telah mengetahui konsep dan dasar-dasar dalam pengelolaan dan manajemen usahanya.
“Potensi UMKM yang berada dalam Desa Pala’an ini sangat besar, dikarenakan banyak kelompok-kelompok masyarakat mulai dari pertanian dan koperasi wanita yang telah membuat produk UMKM yang nantinya dapat  mengurus perijinan dan pembuatan P-IRT agar produk yang dihasilkan tersebut bisa dipasarkan keluar daerah dengan cakupan masyarakat yang lebih besar”. jelasnya.

Salah satu peserta yakni kelompok wanita tani Larasati yang telah memiliki produk yakni minuman sari buah aneka rasa merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini ditambah dengan adanya program KKN-T UNIRA Malang yang telah membuatkan branding produk, sehingga dapat memberikan identitas dan perluasan pemasaran yang lebih diterima oleh masyarakat.
“Kami disini mewakili Kelompok Wanita Tani Larasati, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang serta Mahasiswa UNIRA Malang yang telah memberikan wawasan serta inovasi terkait UMKM kepada kami dan semoga produk kami kedepan dapat bersaing juga diminati oleh masyarakat luas” tutur Ibu Yuliati selaku Ketua Kelompok Wanita Tani Larasati.

Kegiatan Sosialisasi dan pelatihan Kewirausahaan dan Pemberdayaan UMKM untuk Masyarakat Desa Pala’an ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi pengembangan potensi UMKM agar dapat memunculkan produk yang memiliki kualitas serta pemasaran yang baik guna mendukung perekonomian desa dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. (*)

TerPopuler