Di Depan Wakil ketua MPR RI, Plt Bupati Malang Sentil peningkatan DAU / DAK

Di Depan Wakil ketua MPR RI, Plt Bupati Malang Sentil peningkatan DAU / DAK

11 Mar 2019, 13.30
Loading...

Malang satu - Wakil ketua MPR RI, Ahmad Basarah datang ke Kabupaten Malang, Menggelar Sosialisasi 4 pilar dipendopo Kabupaten Malang, Senin 11/3/2019. 
Pada kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Plt Bupati Malang menyampaikan beberapa harapan terkait pembangunan di  Kabupaten Malang.
Plt Bupati HM. Sanusi pada kesempatan tersebut meminta beberapa hal kepada Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah UNTUK disampaikan kepada pemerintah pusat. 

Pertama, Plt Bupati menyampaikan terkait peningkatan  dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) untuk Kabupaten Malang.
"Pada kesempatan ini, mumpung ada wakil ketua MPR RI, bapak Ahmad Basarah hadir di Kabupaten Malang saya berharap bisa menjembatani peningkatan dana DAK dan DAU  untuk Kabupaten Malang, karena peningkatan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Malang dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduknya yang besar," jelas Sanusi dalam sambutannya.

Peningkatan dana DAK dan DAU Kabupaten Malang merupakan harapan bersama masyarakat Kabupsten Malang sebagai upaya meningkatkan percepatan pembangunan di Kabupaten Malang.
Kabupaten Malang memiliki 33 Kecamatan dan menjadi Kabupaten terluas kedua di Jawa Timur.

Berkaitan dengan luas wilayah ini, Sanusi menyampaikan bahwa disamping banyak sisi positifnya akan tetapi juga menimbulkan persoalan secara administratif. Seperti Pujon, Ngantang dan Kasembon yang berada disebelah barat Kota Batu, dimana jarak dari ibu kota Kabupaten sangat jauh.

Kedua, Plt Bupati HM Sanusi berkaitan dengan luas wilayah tersebut, sampai hari ini wilayah Malang barat secara teritori kepolisian masuk polres Batu.
"Wilayah barat Kabupaten Malang seperti Polsek Pujon, Ngantang dan Kasembon itu masuknya Polres Batu. Secara koordinasi terkadang menjadi lambat karena Forkopimdanya diluar polres Malang. Pada kesempatan ini saya minta agar bisa kembali menjadi satu di bawah polres Malang," harapnya
Plt Bupati juga menyampaikan, pemisahan teritori kepolisian ini nantinya tidak merembet kebidang lainnya. Untuk itu Plt Bupati sudah berkirim surat kepada Kapolri terkait hal tersebut dan berharap agar Bapak Basarah menyampaikan kepada Kapolri untuk mengembalikan polsek wilayah barat ke polres Malang.

Dalam kesempatan itu juga Plt Bupati menyampaikan dalam sosialisasi 4 pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, Plt Bupati, 
HM. Sanusi tegas menyampaikan bahwa Kabupaten Malang akan terus menjadi wilayah nomor satu mengawal NKRI. 
"Kabupaten Malang memiliki peninggalan masa lalu yakni Candi Kidal yang menjadi inspirasi dalam merumuskan lambang negara," ujar Sanusi 

Plt Bupati juga berharap kepada Bapak Basarah untuk turut serta mengawal peninggalan sejarah khususnya candi kidal untuk menjadi destinasi wisata nasional. 

Kegiatan sosialisaai 4 pilar ini dihadiri perwakilan dari polres Malang, kejaksaan negeri, beberapa kepala OPD, Kepalan Desa dan para pendamping Desa Ksbupaten Malang.(*)

TerPopuler