Ustadz Abdus Shomad Ziarah ke Makam Pendiri NU | Malang Satu
Cari Berita

Advertisement

Ustadz Abdus Shomad Ziarah ke Makam Pendiri NU

Malang Satu Net
9 Feb 2019


Malang satu - Ustadz Abdul Shomad (UAS)  ziarah ke makam salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri Denanyar Jombang, Sabtu (9/2/2019).

UAS ditemani sahabat karibnya yakni KH M Afifuddin Dimyathi (Peterongan Jombang) dan KH Fadolan Musyafa’ (Semarang), setibanya di Jombang sore hari ini. 

UAS terlihat sangat tawadlu' dan khusuk berdoa didepan makam kyai Bisri layaknya santri yang sedang sowan kepada kyainya. Kiai Bisri Syansuri merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan merupakan kakek Gus Dur dari jalur ibunya, yakni Nyai Solichah Wahid.

Gus Abdus Salam Shohib, pengasuh pondok Denanyar Jombang yang sekaligus juga cucu kyai Bisri menyampaikan, UAS datang sabtu sore dan langsung menuju makam kyai Bisri.

"Saya sebagai tuan rumah menyambut baik kehadiran UAS, dan merasa senang dihadiri dai kondang seperti UAS ini,” kata Gus Salam.

Sebelum datang ke jombang, UAS juga sowan kepada Maulana Habib Lutfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya Pekalongan dan KH Maimoen Zubair Sarang, Rembang. Ketika sowan ke Habib Lutfi, UAS dibaiat Thariqoh Qodiriyah dan diberi gelar Syekh oleh Habib Lutfi,  dan sekarang berganti nama menjadi Syekh Abdul Shomad. (yog)