Usai Disegel, Balai Desa Srimulyo Kembali Dibuka

Usai Disegel, Balai Desa Srimulyo Kembali Dibuka

27 Feb 2019, 14.43
Loading...

Malang Satu – Pasca demo ribuan warga Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, siang kemarin, massa aksi sempat menyegel kantor Balai Desa Srimulyo pada sore hari. 

Penyegelan kantor desa Srimulyo tersebut, buntut dari kekesalan warga atas tak kunjung adanya kejelasan pada kasus Program Nasional (Prona) di desa setempat.

Namun, setelah melalui rundingan sejumlah pihak terkait, kantor Balai Desa Srimulyo akhirnya kembali dibuka, Rabu (27/2/2019). Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Srimulyo, Adi Surasa, penyegelan yang dilakukan oleh warga atas pertimbangan Muspika Desa Srimulyo dan tokoh Masyarakat desa setempat.

"Penyegelan tersebut dilakukan oleh ribuan warga, usai menggelar aksi demo di Mapolres Malang dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang pada Selasa (26/2/2019) kemarin," kata Adi Surasa, Rabu (27/2/2019).

Penyegelan tersebut, membuat pelayanan masyarakat menjadi terganggu. Untuk itu, atas pertimbangan dan musyawarah warga dan tokoh masyarakat pula, pelayanan sementara dialihkan ke rumah Sekdes Srimulyo.
Namun penyegelan tersebut tidak berlangsung lama. Sekitar pukul 10.30 WIB siang hari ini, Kantor Desa Srimulyo kembali dibuka. Hal tersebut dilakukan setelah warga melakukan mediasi bersama Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

"Saya mengusulkan agar Kantor Desa segera dibuka. Itu juga telah melalui mediasi bersama seluruh elemen masyarakat. Salah satu hal utama yang dipertimbangkan adalah pelayanan masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Adi tersebut.

Sebelumnya, kasus prona pada tahun 2017 tersebut mencuat lantaran warga tidak kunjung mendapat kejelasan. Warga mengaku, sudah membayar uang untuk pengurusan prona dengan nilai yang mereka anggap terlalu tinggi. Pembayaran tersebut dilakukan melalui perangkat desa setempat.

Dalam mediasi yang dilakukan saat aksi demo digelar, akhirnya telah timbul kesepakatan bahwa tersangka Prona akan secepatnya ditahan. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan dengan perwakilan pengunjuk rasa. (yog)

TerPopuler