Unisma Raih Penghargaan 9 Kampus Terbaik NU se Indonesia

Unisma Raih Penghargaan 9 Kampus Terbaik NU se Indonesia

17 Feb 2019, 17.14
Loading...

Malang Satu – Unisma kembali menorehkan prestasinya. Kali ini  dengan diraihnya penghargaan 9 kampus terbaik NU di bawah naungan Lembaga Perguruan Tinggi NU (LPTNU) PBNU.

LPTNU  diketuai oleh M. Nasir yang juga menjabat Menristekdikti, memberikan penghargaan kepada PTNU di lingkungan Nahdlatul Ulama yang dinilai maju dan baik berdasarkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan SPME atau Sistem Penjaminan Mutu Eksternal.

Penghargaan tersebut, di berikan kepada 9 PTNU pada akhir acara Rakornas II PTNU ysng dilaksanakan di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat (15/2/2019) hingga Minggu (17/2/2019) hari ini.  Rakornas mengambil tema "Strategi Penguatan Kelembagaan PTNU dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0".

Dalam Rakornas II dihadiri 257 PTNU seluruh Indonesia tersebut, terdiri dari rapat komisi, rekomendasi, serta beberapa seminar tentang pengutan SDM PTNU. Juga, sosialisasi percepatan guru besar bagi dosen dan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada 9 kampus terbaik PTNU seindonesia.

Muhammad Afifi, Wakil Ketua LPTNU menyampaikan, bahwa indikator penilaian untuk penghargaan bagi Perguruan Tinggi NU tersebut dinilai dalam penjaminan mutu internal maupun eksternal dan Kriterianya berdasarkan penilaian standar penjaminan mutu Kemristek Dikti yang sudah dirangking secara nasional.

“LPTNU berkomitmen akan terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi di lingkungan Nahdlatul Ulama. Hal ini sesuai harapan M. Nasir Ketua LPTNU yang juga Menteri Riset Dikti,” kata Afifi, Minggu (17/2/2019) selepas acara.

Upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi NU, kata dia, telah dilakukan sejak 2015 melalui klinik akreditasi. Klinik akreditasi ini yang mendorong terus upaya peningkatan mutu PTNU, dan dengan klinik ini diharapkan PTNU bisa meningkatkan mutunya, yang belum terakreditasi didorong segera melakukan proses akreditasi.

“Bagi yang sudah terakreditasi untuk terus didorong meningkatkan mutu dan nilai akreditasinya. Dari yang terakreditasi C menjadi B, yang nilainya B bisa menjadi A,” paparnya.

Ditempat yang sama, Rrektor Unisma Malang, Prof. Maskuri yang juga terpilih sebagai Ketua Forum Rektor PTNU dalam Rakornas II PTNU menyampaikan bahwa, penghargaan ini merupakan ikhtiyar dari PP LPTNU untuk memacu seluruh PTNU untuk lebih maju dan terus memperbaiki mutu perguruan tinggi NU.
Berikur Sembilan PTNU terbaik yang mendapat penghargaan dan iberikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir pada Rapat Koordinasi Nasional II LPTNU di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung. (yog)

  1. UNU Surabaya
  2. Universitas Islam Malang
  3. Universitas Wahid Hasyim Semarang
  4. Universitas Islam NU Jepara
  5. UNU Lampung
  6. Universitas Sains Al Quran Wonosobo
  7. UNU Al Ghazali Cilacap
  8. UNU Sidoarjo
  9. UNU Surakarta

TerPopuler