TNBTS : Gunung Bromo Tidak Erupsi

TNBTS : Gunung Bromo Tidak Erupsi

19 Feb 2019, 15.50
Loading...

Malang Satu – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) membantah, terkait adanya kabar erupsi gunung bromo. 

Hal ini dikarenakan dalam pantauan petugas lapangan di gunung bromo, dipastikan aman dan kondusif. Dengan statusnya yang tetap, berada di level dua atau waspada.

Hal ini diungkapkan oleh John Kenedie, Kepala TNBTS sat ditemui dikantornya, Jalan Raden Intan, Kota Malang, Selasa (19/2/2019) siang. Ia menyanyangkan beredarnya kabar di sejumlah media online, terkait berita terjadinya erupsi di gunung bromo pada pagi tadi.

“Dari Pantauan video terkini kondisi gunung bromo, yang diambil sekitar pukul 13.00 siang tadi, oleh petugas dilapangan. Nampak cuaca di sekitar gunung bromo cerah, berawan mendung. Sedikit hujan, dengan tiupan angin lemah ke arah timur tenggara, selatan, barat daya dan barat. Dan tidak ada laporan peningkatan aktifitas vulkanik disana,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan petugas pos pengamatan gunung api bromo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, status gunung bromo masih tetap kondusif, dan berada di level dua atau waspada.
Serta nampak aktivitas di sekitar gunung bromo, baik wisatawan maupun masyarakat. Tetap berjalan seperti biasa.

“Mengenai abu vulkanik, memang hal yang biasa. Bahkan terkadang asap bisa lebih pekat. pihak TNBTS  juga sudah memberi pembatas untuk masyarakat ataupun wisatawan untuk tidak mendekat diarea satu kilometer dari kawah,” imbuhnya.

John menambahkan jika ada aktivitas yang membahayakan, pihak TNBTS selalu berkoordinasi dengan pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang terus melakukan monitoring terhadap aktifitas vulkanologi di wilayah Gunung Bromo. (aga)

TerPopuler