Sutiaji : Bagaimana Nggak Banjir, Lha Sampah Dibuang Sembarangan

Sutiaji : Bagaimana Nggak Banjir, Lha Sampah Dibuang Sembarangan

15 Feb 2019, 17.40
Loading...


Malang Satu – Sejumlah ungkapan keprihatinan muncul usai Walikota Malang, Sutiaji, menerima laporan unggahan foto Tim Reaksi Cepat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) atas tumpukan sampah yang menyumbat saluran air di belakang Sardo Dinoyo.

"Sebagus dan selengkap apa pun infrastruktur yang terbangun, tapi tanpa diimbangi perilaku yang bertanggung jawab, ya "muspro" (sia sia),” tegas Walikota Malang, Jumat (15/2/2019).

Menurutnya, Pemkot Malang akan terus berbenah dengan melakukan perbaikan sejumlah fasilitas di Kota Malang.  Tapi, Sutiaji meminta warganya, untuk turut menjaga dan mulai menerapkan budaya hidup bersih dan sehat guna turut andil dalam menyelesaikan masalah banjir di Kota Malang.

Sementara itu, Hadi Santoso, Kepala DPUPR Kota Malang, menegaskan, akan terus melakukan operasi lapangan untuk mengatasi sejumlah sampah yang menutup saluran selokan di Kota Malang.
"Ya kadang manusiawi ada rasa marah,  dan teman-teman lapangan bertanya sampai kapan seperti ini,  tidak selesai kalau sampahnya banyak membuat saluran tidak berfungsi,” kata Hadi Santoso.

Iapun berharap, segera diberlakukannya peraturan yang tegas. Salah satunya, dengan pemberian sanksi berat bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

"Tentu kami berharap ada sanksi kuat bila ditemukan atau tertangkap tangan bagi siapapun yang buang sampah ke saluran air,” pungkas Soni. (aga)

TerPopuler