PWI Malang Gelar Diskusi Penyediaan Air Baku

PWI Malang Gelar Diskusi Penyediaan Air Baku

14 Feb 2019, 11.24
Loading...

Malang Satu – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar diskusi publik tentang Penyediaan Air Baku Untuk Malang Raya, Kamis (14/2/2019).

Melalui diskusi publik dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 ini, diharapkan para jurnalis memiliki pemahaman terkait kondisi sumber mata air di Kabupaten Malang.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi mengatakan, saat ini pihaknya memiliki program dan strategi untuk menjaga ketersediaan air baku di wilayah kabupaten Malang.

"Berdasarkan data kami, sumber air yang kami kelola ada sebanyak 67 titik. Tapi, yang menggunakan air permukaan sebanyak 3 titik," ungkapnya.
Dari jumlah tersebut, lanjut Syamsul, pihaknya terus berupaya menambah ketersediaan air baku yang nantinya akan digunakan untuk wilayah Malang Raya.

"Dari jumlah tersebut, kami juga memiliki sumber mata air sebanyak 41 titik dan 16 sumur bor untuk memenuhi kebutuhan sambungan rumah (SR) pelanggan," jelasnya.

Namun, tambah Syamsul, pihaknya juga berencana untuk membangun tiga titik sistem penyediaan air minum (SPAM) guna menambah ketersediaan air.
"Dari tiga titik SPAM ini diharapkan mampu menjangkau hingga 16.000 sambungan rumah (SR), denga rincian 10.000 SR dari sumber Dieng, 4.000 SR dari sumber Goa Kalisat, dan 2.000 SR dari SPAM kidal," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya M. Ariful Huda mengatakan, dengan pelaksanaan diskusi publik yang mengambil tema ‘Penyediaan Air Baku Untuk Malang Raya’ ini bisa menambah wawasan para wartawan tentang kondisi air baku di wilayah kabupaten Malang.

"Dengan diskusi ini, diharapkan teman-teman wartawan semakin bisa memberikan pendidikan ke masyarakat tentang air baku," pungkasnya. (yog)

TerPopuler