Pemprov Jatim Perjuangkan Peningkatan Status Bandara Abd Saleh

Pemprov Jatim Perjuangkan Peningkatan Status Bandara Abd Saleh

24 Feb 2019, 17.29
Loading...

Malang Satu – Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang kini telah dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, nampaknya masih terus serius menapaki upaya peningkatan status Bandara Abdurachman Saleh, menjadi bandara Internasional. Seperti yang direncanakan di era masa pemerintahan Soekarwo – Syaifullah Yusuf.

Rencana kenaikan status, yang telah dibahas sejak lama dan disepakati oleh tiga kepala daerah di Malang Raya itu pun akan kembali diseriusi. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Disela-sela kunjungannya di Kabupaten Malang, pada Minggu, (24/2/2019) pagi.

Salah satunya melalui inventarisasi maskapai penerbangan internasional yang sudah siap untuk menggunakan Bandara Abdulrachman Saleh.

"Kami akan segera petakan mana saja maskapai yang sudah siap menggunakan bandara. Sebenarnya sudah ngantri ini. Kita cek lagi maskapai mana yang sudah siap. Ini merupakan data penting untuk pertimbangan Kementerian Perhubungan memberikan rekomendasi," katanya

Emil menyampaikan, rencana kenaikan status Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional amat penting. Pasalnya, bandara internasional menjadi salah satu komponen pembangunan perekonomian.
"Di Bandung misalnya. Perekonomian di sana pesat karena salah satunya didukung oleh bandara internasional. Dan di Malang ini sebenarnya juga sudah banyak yang menantikan. Pakde Karwo (mantan Gubernur Jatim Soekarwo) sebelumnya juga sudah berkirim surat terkait rencana ini," Imbuhnya.

Nantinya, upaya peningkatan status bandara Abdurachman Saleh menjadi bandara internasional. Diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Jawa Timur, khususnya wilayah Malang Raya. Salah satunya penunjang pembangunan dibidang wisata. (aga)

TerPopuler