Nelayan Perahu Kecil Tak Melaut, Harga Ikan Laut Melonjak

Nelayan Perahu Kecil Tak Melaut, Harga Ikan Laut Melonjak

2 Feb 2019, 15.15
Loading...

Malang Satu - Cuaca ekstrem yang masih melanda wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang. Mengakibatkan berdampak pada tingginya harga ikan laut di pasaran. Hal itu dikarenakan tidak banyak nelayan dengan perahu kecil yang berani melaut.

Salah satu pedagang ikan laut di Pasar Besar Malang Maria Ulfa, (53) , mengatakan, sudah satu bulan belakangan harga beberapa jenis ikan laut mengalami kenaikan. Antara lain harga ikan Tengiri yang sebelumnya seharga Rp 75 ribu per kilogram kini menjadi Rp 85 ribu kilogram, ikan Bawal Hitam yang semula Rp 60 ribu per kilo menjadi Rp 65 ribu per kilogram.

"Cumi-cumi yang biasanya Rp 50 ribu, menjadi Rp 60 ribu per kilo," ujarnya.

Selain itu, harga ikan Tuna juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 38 ribu per kilogram. Bahkan, ikan Tongkol yang semula Rp 25 ribu per kilo, kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Maria menerangkan, kenaikan harga tersebut disebabkan oleh cuaca yang cukup ekstrem belakangan. "Banyak (nelayan) yang tidak melaut. Pasokan berkurang," kata dia.

Dia menambahkan, bila biasanya dirinya bisa memasok ikan Tengiri sebanyak 30 kilogram per hari, kini hanya 10-15 kilogram saja. Dia mengaku mengambil ikan-ikan tersebut dari Probolinggo. "Kalau Tongkol dan Tuna ambil dari dari Sendang Biru (Malang Selatan)," imbuhnya.

Dari semua jenis ikan, yang paling banyak dicari yakni ikan Tengiri. Padahal, harganya lebih tinggi dibanding yang lain. "Paling dicari. Biasa buat pempek, makan," terangnyam

Kenaikan tersebut juga dirasakan oleh pedagang ikan laut lain M Fuad, 40. Bahkan, dia memperkirakan bila kenaikan harga ini akan terjadi hingga perayaan Imlek nanti. "Perkiraan sampai Imlek, karena ombak masih tinggi," terangnya.

Sementar itu, salah satu pembeli Farida, 38, mengatakan, naiknya harga ikan tersebut dianggap wajar mengingat cuaca ekstrem belakangan. "Memang kondisi cuaca. Kalau (harga) masih wajar tidak masalah, tapi jangan terlalu mahal," pungkasnya.

dampak angin kencang harga ikan laut di pasaran naik lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah perkilogramnya. (aga)

TerPopuler