Mendikbud Janji 2023 Masalah GTT Rampung

Mendikbud Janji 2023 Masalah GTT Rampung

4 Feb 2019, 19.31
Loading...

Malang Satu -- Terkait polemik pengangkatan guru tidak tetap menjadi pegawai negeri sipil. Yang terus menjadi isu hangat, dikalangan para pengajar ini. Masih terus menjadi fokus dalam kabinet kerja Presiden Jokowi. Melalui menteri pendidikan dan kebudayaan, telah menggodok sejumlah rancangan untuk meningkatkan kesejahteraan para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Nantinya, sebanyak 159 ribu guru tidak tetap (gtt) yang masih berstatus honorer akhir bulan februari ini akan diikutkan seleksi penerimaan pegawai negeri sipil ( pns) dan atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (pppk), disesuaikan dengan kriteria dan persyaratan yang dimiliki masing masing gtt. diutamakan yang sudah masuk dalam database kategori dua (k2).

" tahun ini pada akhir bulan februari menpan rb akan ada rekruitmen tenaga honorer sebagian besar dari guru, kami alokasikan 159 ribu guru untuk direkrut melalui jalur pppk diutamakan yang berstatus k2," ungkap menteri pendidikan dan kebudayaan nasional, muhadjir effendy, usai meresmikan laboratorium seni dan budaya di smk muhammadiyah 5 kepanjen, kabupaten malang, senin,(04/02/2019) siang.

ia menegaskan, pemerintah menargetkan pegawai honorer dan guru tidak tetap tuntas hingga tahun 2023 mendatang. secara bertahap dilakukan perekrutan baik itu menjadi pns atau pppk. lanjut muhadjir, para gtt diarahkan ke dua duanya yang memenuhi syarat, pns atau pppk. dikatakan, bagi gtt yang tidak lolos menjadi pns maupun pppk akan tetap dipertahankan hingga terakomodir.

bahkan, kata dia, gtt yang tetap dipertahankan akan diusulkan ke kementerian keuangan melalui dana alokasi umum (dau) untuk digaji setara dengan upah minimum kabupaten/kota, disesuaikan dengan masing masing daerah.

" bagi gtt yang belum terangkat menjadi pns dan pppk tetap dipertahankan hingga mendapat kesempatan seleksi," terangnya.

ditambahkan, bagi daerah yang memiliki apbd banyak dipersilahkan untuk memberikan tambahan gaji bagi gtt sehingga gaji guru tidak tetap bisa lebih dari umk daerah.

" kalau ada daerah yang punya apbd kuat silahkan menambahi," tambahnya.

Muhadjir Effendy membeberkan, secara bertahap guru tidak tetap akan diakomodir seluruhnya. bahkan, pada tahun lalu dialokasikan 117 ribu guru dan direkrut menjadi pns. (aga)

TerPopuler