Melalui Rakornas, Bangkitkan Mutu Perguruan Tinggi NU se Indonesia

Melalui Rakornas, Bangkitkan Mutu Perguruan Tinggi NU se Indonesia

15 Feb 2019, 21.42
Loading...
Malang Satu – Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) menggelar Rakornas II, Jumat (15/2/2019). Bertempat di Hotel Prama Grand Preanger, Bandung, Rakornas selama tiga hari hingga Minggu 17 Februari 2019 mendatang, akan fokus pada Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi dibawah naungan NU se Indonesia.

Mengangkat tema "Menuju Satu Abad NU", melalui Lembaga Perguruan Tinggi NU, akan terus melakukan konsolidasi dan penguatan mutu SDM serta manajemen pendidikan tinggi lembaga-lembaga perguruan tinggi yang berada dibawah naungan LPT NU guna menyongsong era revolusi industri 4.0. Forum Rektor PTNU, juga dibentuk melalui Rakornas tahun ini.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional II,  diikuti oleh 23 Universitas, Puluhan Institut dan Ratusan Sekolah Tinggi dibawah LPTNU. Ketua PBNU Bidang  Pendidikan Tinggi, Dr.KH.Hanief Saha Ghafur menjelaskan, PBNU menginginkan peningkatan mutu seluruh pendidikan Tinggi di bawah LPTNU. Serta, akan terus mengupayakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, seperti yang sebelumnya dilakukan PBNU.
“PBNU juga mewajibkan seluruh PTNU untuk memberikan mata kuliah Aswaja, bahkan PBNU tidak akan segan-segan mencoret keanggotaan PTNU yang tidak mau mengajarkan Aswaja,” tegas KH.Hanief Saha.

Ditempat sama, Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Dr. Hasan Abadi, MAP mendukung penuh upaya LPTNU untuk mengarusutamakan mutu perguruan Tinggi NU. “Kami berharap PBNU melalui LPTNU, bisa memberikan akses yang lebih untuk bisa menjangkau program-program Kemenristekdikti,” kata Hasan.

Menurut Hasan, melalui LPTNU, diharapkan bisa memberi terobosan supaya SDM para dosen, bisa diperbanyak akses beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga,  ada akselerasi peningkatan mutu pendidikan Tinggi NU.

“Perlu kiranya LPTNU membangun jejaring yang kuat baik antar PTNU, maupun dengan perguruan tinggi yang bermutu lainnya baik didalam maupun luar negeri,” pungkas Hasan yang tercatat sebagai Rektor termuda Unira Malang ini. (yog)

TerPopuler