LPPM Unira Bekali Mahasiswa Mahir Menulis Berita | Malang Satu
Cari Berita

Advertisement

LPPM Unira Bekali Mahasiswa Mahir Menulis Berita

Malang Satu Net
11 Feb 2019


Malang Satu – Lembaga Pengabdiaan dan Penelitian Masyarakat (LPPM) Unira Malang menggelar workshop dan pembekalan mahir menulis berita bagi mahasiswa yang akan diterjunkan kedesa untuk mengikuti KKN - Tahun 2019, Senin (11/02/2019) siang ini.

Kegiatan pembekalan mahasiswa calon peserta KKN Unira tersebut,  dilaksanakan di Hall KH Moch Said Kampus Unira, Kepanjen, Kabupaten Malang. Dalam pembekalan hari ini, di ikuti oleh 60 mahasiswa perwakilan dari masing-masing kelompok serta dari lintas prodi. Mahir menulis ini,  dipersiapkan agar selama KKN, Mahasiswa mampu mengangkat potensi desa dan masyarakatnya melalui karya jurnalistik maupun ilmiah.

Kepala LPPM Unira, Aan Fardani Ubaidillah menjelaskan, peserta pembekalan ini adalah ketua kelompok dan perwakilan dari masing-masing kelompok. Dimana setiap kelompok ada 2 orang.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kapasitas mahasiswa yang akan diterjunkan ditengah-tengah masyarakat untuk melakukan pengabdian. Sehingga, mahasiswa memiliki pemahaman terkait program pengabdian yang dilakukan dan memahami tujuannya serta mengetahui output dari masing-masing program tersebut. Sekaligus mahasiswa dapat mendokumentasikan dengan baik dan dapat mempublikasikan hasilnya,” terang Fardani, Senin (11/2/2019).
Dalam kegiatan workshop dan pembekalan tersebut, lanjut Fardani, mahasiswa juga diberikan materi yang salah satunya adalah tentang dasar penulisan berita dan videografi.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa yang diterjunkan ke desa, dapat memomtret dan mendokumentasikan apa yang dilakukan. Sehingga potensi yang ada didesa tersebut, bisa diketahui masyarakat secara luas.

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut, Husnul Hakim Sy, MH dari Malangsatu.net. Materi yang disampaikan Husnul yakni Dasar-Dasar Penulisan Berita yang menarik. Sementara Erik Priyanto dari Nenjap TV dan tim kreatif Unira, menyampaikan materi perihal  Videografi.

Unira Malang ditahun 2019 ini akan menempatkan mahasiswa KKN-T di sembilan kecamatan dan tiga puluh desa se Kabupaten Malang. (yog)