KPU Masih Tunggu Kekurangan 2 Juta Surat Suara

KPU Masih Tunggu Kekurangan 2 Juta Surat Suara

27 Feb 2019, 17.32
Loading...

Malang Satu – Sejumlah persiapan terus dilakukan sejumlah pihak, menjelang pesta demokrasi Pemilu dan Pileg 2019, yang bakal di gelar pada 17 April mendatang. Para stakeholder terkait pun terus melakukan persiapan.

Bertempat di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait. Pada Rabu, (27/2/2019).

Rapat ini, salahsatunya membahas tentang persiapan alat kelengkapan pemilu beserta mekanisme distribusi logistik yang akan mulai dilaksanakan akhir bulan ini.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, jika tidak ada aral melintang, pendistribusian surat suara di kecamatan harusnya dilaksanakan pada minggu keempat di Bulan Februari. Sementara pendistribusian formulir dan kotak suara akan dilaksanakan pada minggu kedua di Bulan Maret. Dan pendistribusian surat suara ke PPK dilaksanakan pada minggu kedua di Bulan April.
"Namun jadwal tersebut terancam molor karena hingga kemarin keberadaan surat suara untuk wilayah Kabupaten Malang masih belum lengkap." Ujar Santoko.

Dirinya mengaku dari lima jenis surat suara, salah satu diantaranya yaitu surat suara presiden dan wakil presiden masih belum terkirim kepada KPU Kabupaten Malang.

Sementara surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRD Kabupaten Malang. Khusus untuk dapil VII, Santoko menuturkan bahwa dari tujuh kecamatan baru empat diantaranya yang sudah tercukupi kebutuhan surat suaranya.

Sementara yang tiga kecamatan masih belum tercukupi. Jika jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Malang  sampai kemarin tercatat sebanyak 1.996.857, maka ada lebih dari 2 juta surat suara yang belum terdistribusikan jika ditambah dengan surat suara cadangan. Jika ditotal untuk semua calon baik presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten, Santoko menuturkan bahwa nantinya dibutuhkan lebih dari 10 juta lembar surat suara.

“Untuk surat suara presiden dan wakil presiden memang belum terkirim dari KPU RI, tapi bukan hanya terjadi di Kabupaten Malang, di daerah lain bahkan ada yang surat suara lainnya baru dijadwalkan datang Maret mendatang,” Imbuhnya. (aga)

TerPopuler