Kabupaten Malang Butuh Early Warning System Kegempaan

Kabupaten Malang Butuh Early Warning System Kegempaan

19 Feb 2019, 03.55
Loading...

Malang Satu – Gempa bumi berkekuatan 5.9 skala richter mengguncang Kabupaten Malang, Selasa (19/2/2019).

Laman BMKG mencatat, gempa dini hari tercatat pukul 02:30:23 WIB pada posisi Lintang 9.68 LS, Bujur  : 112.79 BT. Dengan kedalam 10 kilometer berada di Laut Jawa, Indonesia atau 159 kilometer tenggara Kabupaten Malang.

Menurut Bagio setyono, sekertaris BPBD Kabupaten Malang, dari monitoring Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang sejauh ini belum ada dampak dari gempa skala 5,9 skala richter dini hari ini.

"Belum ada laporan dampak di wilayah Kabupaten Malang, terutama sisi selatan. Kami masih terus monitoring,” ujar Bagyo, Selasa (19/2/2019) dini hari.

Ia menambahkan, bahwa saat ini, wilayah pesisir selatan pantai di Kabupaten Malang, sangat membutuhkan adanya alat EWS (Early Warning System) Kegempaan. Hal itu Guna menunjang kewaspadaan bagi masyarakat yang tinggal di pesisir selatan.

"Kini kami bergantung dengan EWS Swadaya yang terpasang di pantai Tamban. Kalau pemerintah sendiri tidak punya alatnya,” imbuhnya.

Diharapkan, lanjut Bagyo, stakeholder terkait untuk bisa segera merealisasikan keterbutuhan alat tersebut. Disebabkan, seringnya terjadi gempa di wilayah Kabupaten Malang. (aga)

TerPopuler