Jelang Imlek, Perajin Barongsai Kebanjiran Order

Jelang Imlek, Perajin Barongsai Kebanjiran Order

3 Feb 2019, 14.09
Loading...

Malang Satu – Jelang perayaan imlek tahun ini, yang jatuh pada tanggal 5 Februari mendatang. Membawa berkah tersendiri bagi perajin barongsai. Seperti yang dirasakan Suparman, Warga jalan Panji Pulangjiwo, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Dengan memanfaatkan kertas dan kardus bekas. Ia mampu mengumpulkan pundi rupiah, dengan mengubah barang terbuang tersebut menjadi miniatur barongsai bernilai ekonomi.

Bertempat di garasi rumahnya. Dalam sehari, perajin barongsai ini mampu memproduksi sekitar 50 miniatur barongsai. Ia pun mengaku kewalahan menerima pesanan yang melonjak sekitar 3 kali lipat dibandingkan biasanya.

"Permintaan meningkat, tapi ya kendalanya curah hujan yang tinggi. Mempengaruhi proses pengeringan miniatur barongsai ini," ujarnya.

Hingga akhir bulan januari lalu, Suparman telah memperoleh pesanan sekitar 700 buah barongsai mini ini. Selain untuk memenuhi permintaan pasar di wilayah Malang Raya. Sejumlah pesanan berasal dari Surabaya hingga Jakarta.

"Ya kalau ramai pesanan begini, Saya tambah pekerjanya. Biasanya dihari biasa, ya hanya sama istri mengerjakan barongsai mini ini," imbuhnya.

Meski nampak hanya sebuah miniatur. Namun perajin barongsai ini dituntut memiliki ketelitian dalam membuatnya. Dan juga ketelatenan saat menambahkan detail aksesoris di kepala barongsai.

Profesi sebagai perajin barongsai, sudah Suparman geluti selama 15 tahun lalu. Ia mematok harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu untuk hasil karyanya ini. (aga)

TerPopuler