Gandeng BNI, BumDes Pandanrejo Wujudkan Beternak Sapi Bagi Warga Miskin

Gandeng BNI, BumDes Pandanrejo Wujudkan Beternak Sapi Bagi Warga Miskin

15 Feb 2019, 21.06
Loading...
Malang Satu – Sosialisasi Program Ternak Sapi di gelar Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sekar Pandan Karaya bagi warga Desa Pandanrejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang,  Jumat (15/2/2019).

Hadir dalam sosialisasi hari ini Pemerintah Kecamatan Pagak, Pemdes Pandanrejo, Pengurus BumDesa dan Masayarakat Desa Pandanrejo sebagai penerima program nantinya.

Kepala Desa Pandanrejo, Nanang, mengatakan,  program ternak sapi nantinya difasilitasi serta dikelola oleh BumDesa sebagai bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Pandanrejo.
“Kami bertekad untuk mengurangi pengangguran dan masyarakat miskin Desa. Sehingga melalui program ini, juga bisa meningkatkan pendapatan asli desa (PADesa),” terangnya.

Kata Nanang, melalui pemberdyaan dan edukasi ternak sapi, sasaranya adalah membuka peluang usaha bagi warga miskin dan pengangguran. Dimana  mulai dari cara beternak, pengelolaan limbah dan pakan ternak, keseluruhan akan di fasilitasi oleh BumDes. Sementara dana pinjaman lunak, Bumdes akan bekerjasama dengan Bank BNI serta Dana Desa.

Masih kata Nanang, program penggemukan sapi, pihak BumDes nantinya akan membelikan seekor sapi dengan memakai dana pinjaman dari Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI serta bersumber dari dana APBDes sebesar Rp 25 juta.

“Yang dapat program ini adalah masyarakat miskin dan pengangguran sekitar 20 orang. Perorang dapat satu ekor. Warga langsung dapat sapi, kemudian bayar ke BumDes dengan cara mengasur setiap bulan sesuai dengan harga sapi yang kita serahkan,” beber Nanang.

Keuntungan ikut KUR dan program ini, tambah Nanang, warga dapat pinjaman modal melalui BumDes yang sudah bekerjasama dengan pihak Bank BNI. (yog)


TerPopuler