Exhibition of Peace - Pameran Perdamaian Antar Umat Beragama ala UNIRA

Exhibition of Peace - Pameran Perdamaian Antar Umat Beragama ala UNIRA

2 Feb 2019, 18.23
Loading...

Malang Satu - Mengambil tema Piece of Peace, Promoting Tolerance Among Religions in Malang, Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Kepanjen, Kabupaten Malang, menggelar pameran bertajuk perdamaian antar umat beragama, Sabtu (2/2/2019). Bertempat di Aula K.H. Moh Said Lantai 3, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa UNIRA sejak dini, bisa lebih menerima agama lain karena kedamaian itu hadir ketika kita bisa menerima perbedaan.

“Tujuan pameran ini untuk lebih memahami makna dari sebuah perdamaian, beberapa tokoh agama yang pastinya, memiliki pendapat dan pandangan berbeda. Sehingga untuk hidup bermasyarakat, kita tidak mudah menyalahkan agama lain,” ungkap Panitia Exhibition of Peace UNIRA, Muhammad Nur Habibi, Sabtu (2/2/2019) sore seusai acara.

Kata Habibi yang Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UNIRA, pemeluk agama lain di Indonesia, juga berhak beribadah sesuai keyakinanya masing-masing. “Harapan kita semoga kegiatan seperti ini sering-sering dilakukan dan dikembangkan, sebab tokoh-tokoh agama lain juga menerima dengan lapang dan positif dengan kegiatan seperti ini. Serta dari berbagai pihak juga saling mendukung kelancaran acara ini,” terang Habibi.

“Dengan diadakannya pameran bertemakan Perdamaian Antar Umat Beragama, saya berharap pihak kampus dapat memberikan dukungan yang lebih terhadap acara yang telah diadakan. Kepada setiap anggota dari kegiatan tersebut, bisa lebih mengembangkan potensi yang mereka miliki,” tambah Mahasiswa Prodi PAI UNIRA lainya, Setyo Yugo.

Menurut Yugo, sesuai dengan tema yang kita buat, tujuan dari kegiatan pameran tersebut yaitu untuk mengetahui arti penting toleransi antar umat beragama. Karena hakikatnya, perdamaian bisa terbentuk dari rasa saling toleransi.

“Selain itu, tujuan lainnya untuk menanamkan jiwa persatuan dan persaudaraan antar anggota, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, melatih kekompakan antar anggota serta melatih tanggung jawab secara nyata,” tegas Yugo.

Ditempat yang sama, Rektor UNIRA Malang, Dr.Hasan Abadi menerangkan, kegiatan exhibition perdamaian ini, semoga dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa terutama terhadap perbedaan agama.

“Namun tidak hanya fokus ke perbedaan saja, tapi kita juga perlu melihat persamaan diantara agama-agama tersebut,” pungkas Rektor termuda UNIRA itu. (yog)

TerPopuler