Demo Pemilu Ricuh, Aparat Pukul Mundur Massa yang Anarkis

Demo Pemilu Ricuh, Aparat Pukul Mundur Massa yang Anarkis

8 Feb 2019, 15.38
Loading...

Malang Satu - Kecewa dengan hasil Pemilu 2019, ratusan massa menggelar demonstrasi ke jalan. Aksi massa yang mulai tidak terkendali itu, membuat pengunjuk rasa berbuat anarkis. Lemparan batu dan botol yang mengarah ke petugas, memaksa aparat keamanan bertindak tegas. Personel TNI AD dan Polisi akhirnya mampu meredam situasi dengan memukul mundur serta membubarkan demonstrasi.

Itulah simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Parade Brawijaya Rampal Kota Malang, Jumat (8/2/2019) yang di pelopori Korem 083 Bhaladika Jaya.

Dalam skenario simulasi ini, diawali dengan datangnya puluhan massa dari berbagai kelompok ke kantor KPU. Massa aksi ini, memprotes hasil pelaksanaan Pemilu yang dinilai tidak dilaksanakan dengan jujur dan adil.

Aksi simulasi ini awalnya dimulai dengan aksi damai. Namun secara cepat, massa justru berbuat keributan begitu hasil diumumkan. Aparat yang bersiaga pun langsung memberikan peringatan pada massa agar tidak bertindak anarkis.

Namun peringatan itu diacuhkan, hingga massa semakin beringas  dan mulai menyerang dan melempar aparat keamanan dengan benda-benda yang mereka bawa.

"Hari ini kita melakukan latihan pengamanan dalam rangka meningkatkan kemampuan  personel kita yang nantinya akan melaksanakan pengamanan pesta demokrasi dengan bersinergis bersama Polri, dan instansi terkait,” kata Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo selaku Danrem 083/Bdj, Jumat (8/2/2019).

Danrem 083/Bdj menyebutkan dalam latihan simulasi ini, pihaknya mengedepankan sinergitas antara TNI dan Polri, untuk bisa bahu membahu melakukan pengamanan yang diperlukan ketika aksi anarkis nantinya benar-benar terjadi.

"Ini juga merupakan bentuk kesiapan kami dalam mengamankan Pemilu 2019," urainya.

Simulasi pengamanan Pemilu 2019, yang berlangsung hari ini, diikuti oleh 300 personel gabungan Polri-TNI di wilayah Malang Raya. Pada kesempatan ini, personel yang diterjunkan terdiri dari K9 Polresta Malang, Damkar Kota Malang, PMI Kota Malang, Polresta Malang, Kodim 0833 Kota Malang, Korem 083 Baladhika Jaya dan Brimob Detasemen B Malang. (aga)

TerPopuler