Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawas TPS

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawas TPS

3 Feb 2019, 01.07
Loading...

Malang Satu – Bawaslu Kabupaten Malang menggelar Sosialisasi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) jelang Pemilu 2019 mendatang. Dalam Sosialisasi di El Hotel Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (2/2/2019), diikuti 99 peserta dari 33 perwakilan Panwas tingkat Kecamatan se Kabupaten Malang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, Umar Kayan menjelaskan, kebutuhan pengawas TPS di Kabupaten  Malang, dalam pembentukannya merupakan kewenangan dan diserahkan pada masing-masing Panwas Kecamatan.

“Namun kami berpesan, agar perekrutan dilakukan secara selektif sesuai dengan perundangan-undangan yang ada. Mengingat kebutuhan pengawas TPS tidak sedikit,” papar Umar Khayan.
Menurut Khayan, karena jumlah pengawas tidak sedikt, maka Panwascam diharapkan bekerja ekstra dalam mensosialisasikan perekrutan. Sosialisasi perekreutan kepada steakholder atau tokoh masyarakat yang ada di daerah-daerah, agar perekrutan berjalan lancar. Serta kebutuhan pengawas TPS, segera terpenuhi.

Ditempat sama, Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva menambahkan, strategi dalam perekrutan pengawas TPS, langkah-langkah awal yang harus dilakukan Panwas Kecamatan   dalam merekrut pengawas TPS harus membentuk Kelompok Kerja (Pokja).

“Harus membentuk Pokja yang sudah tertera pada petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu,” tegas George Da Silva.

Ia menambahkan, terkait dengan syarat-syarat untuk menjadi pengawas TPS maupun jadwal perekrutan pengawas TPS, sudah ada dalam perundang-undangan pemilu, dan juga sudah ada dalam juknis dari Bawaslu. (yog)

TerPopuler