Bahas RUU Permusikan, Anang Temui Musisi Malang

Bahas RUU Permusikan, Anang Temui Musisi Malang

8 Feb 2019, 22.21
Loading...
Malang Satu – Musisi sekaligus pengarang lagu Separuh Jiwaku Pergi, Anang Hermansyah menemui sejumlah seniman musik di Malang, Jumat (7/2/2019) malam.

Anang yang juga Anggota Komisi X DPR RI tersebut, kehadiran Anang untuk berdiskusi terkait Rancangan Undang Undang Permusikan yang menuai kontroversi ditengah para penggiat seni musik.

Dalam diskusi yang digelar disebuah tempat karaoke milik Anang di Kota Malang ini, dihadiri puluhan musisi dari segala jenis musik yang ada di Kota Malang. Anang Hermansyah mengajak para penggiat musik untuk membedah isi RUU Permusikan. Serta memberi pemahanan latar belakang dirancangnya Undang Undang ini.

"Sebetulnya, ini bertemu,  jadi bagian sosialisasi, bertemu dengan teman-teman lain, dilihat dari perkembangannya kan sudah tensinya turun dan banyak sudah ada pertemuan-pertemuan. Banyak diskusi terbuka tentang hal ini,” terang Anang Hermansyah.

Suami dari Ashanti ini menjelaskan, dalam pertemuan malam ini, turut dibahas pula terkait pasal 5 yang menuai banyak polemik dari sejumlah musisi di Indonesia. Yakni, terkait adanya larangan yang menyentuh isi lirik lagu.

Anang sendiri mengaku tidak setuju dengan pasal tersebut. Dan akan terus melakukan sosialisasi dan melakukan sejumlah pertemuan dengan sejumlah musisi guna menemukan format isi dalam RUU Permusikan yang lebih ideal. Dimana nantinya, akan menjadi bahan revisi dalam rapat sidang DPR RI.

"Aku juga diundang temen-temen di Jogja, Surabaya. Buat aku perjuangkan bukan hanya disini saja, masih panjang. Nanti kan prosesnya ada di parlemen, apakah yang sekarang seperti apa posisinya di parlemen. Seperti apa keputusannya, jadi hari ini masih berupa perjalanan menuju kesana,” beber pengarang lagu-lagu hits bertema Cinta itu.

Dalam diskusi tersebut, perwakilan musisi di Kota Malang juga belum menentukan sikap terkait RUU Permusikan ini. Nantinya dalam waktu secepatnya,  musisi di Kota Malang, akan melakukan forum lanjutan dan mengundang seluruh musisi di Kota Malang. Tujuanya, untuk membahas bersama isi dari seluruh pasal dalam RUU Permusikan ini.

"Kami belum menentukan sikap dalam Hal ini. Dan masih mempelajari isinya. Yang jelas, kami mendorong untuk mengarah ke kesejahteraan musisi," papar Hengky Herwanto, salah satu perwakilan musisi Kota Malang.

Diharapankan, RUU Permusikan mampu membuahkan hasil yang baik. Dan bukan mengungkung hasil karya musisi itu sendiri. (aga)

TerPopuler