639 Mahasiswa Unira Malang Ikuti KKN-Tematik 2019

639 Mahasiswa Unira Malang Ikuti KKN-Tematik 2019

15 Feb 2019, 13.19
Loading...
Malang Satu – Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang memberangkatan 639 Mahasiswa KKN Tematik, Jumat (15/2/2019). Ratusan mahasiswa nantinya, akan di sebar di 30 desa se Kabupaten Malang.

Hadir dalam upacara pemberangkatan dari pihak Yayasan, Rektorat Unira diikuti seluruh dosen pendamping KKN-Tematik. Ketua LPPM Unira Malang, Aan Fardani Ubaidillah menyampaikan bahwa, pelaksanaan KKN-T Unira Malang merupakan angkatan yang ke 25 dan merupakan pelaksanaan KKN terbesar di Unira.

Pemberangkatan terbesar KKN selama Unira berdiri tersebut, terdiri dari 4 Fakultas dengan 9 Prodi. Jumlah mahasiswa sebanyak 639 orang dan akan disebar di 10 kecamatan dan 30 desa, se Kabupaten Malang.

“Kita berharap bahwa seluruh peserta KKN bisa menjadi duta-duta Unira di tengah-tengah masyarakat. Dimana kehadiran mereka, menjadi solusi atas beberapa persoalan yang ada di masyarakat,” ungkap Fardhani.
Program dari KKN-Tematik tahun ini,  lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat desa. Peserta akan lebih fokus pada bagaimana masyarakat dapat mengenali potensi yang dimiliki yang kenudian dapat mengembangkan potensi tersebut.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unira, Sutomo MSi  dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, KKN tematik kali ini menjadi sangat istimewa karena disamping jumlah yang besar, juga penempatan KKN kali pertama dapat tersebar didesa-desa pinggiran Malang Selatan.

“Menurut beberapa informasi, mahasiswa nantinya akan ditempatkan pada daerah dengan akses yang masih sulit. Kita berharap kehadiran mahasiswa Unira dapat membantu masyarakat desa untuk bangkit,” terang Sutomo.

Ia menambahkan, desa hari ini menjadi primadona dalam pemberdayaan. “Apalagi sudah ada undang-undang desa yang kemudian, itu menjadikan desa memiliki legalitas dalam tata kelola desa,” pungkasnya.

Hadir juga dalam upacara pemberangkatan KKN-T Unira kali ini Anggota Lembaga Pengkajian Konstitusi MPR RI, Hasanudin Wahid. (yog)

TerPopuler