Underpass Tol Malang-Pandaan Ditarget 3 Bulan Rampung

Underpass Tol Malang-Pandaan Ditarget 3 Bulan Rampung

14 Jan 2019, 13.46
Loading...

Malang Satu - Proyek pembangunan Underpass diwilayah Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, terus dikebut. Pembangunan ini guna mempermudah pengguna tol Pandaan-Malang. Serta, demi kelancaran arus lalu-lintas dikawasan setempat.

Direktur Utama Tol Malang Pandaan (Mapan) Agus Purnomo mengatakan, Pembangunan Underpass sudah diawali dengan pemasangan tiang pertama pada Kamis (10/1) kemarin, yang rencananya akan melintasi jalur arteri nasional. Sehingga, jalur baru ini dibangun di atas jalur nasional.

"Underpass ini bakal dibangun sepanjang hampir 400 meter. Dari arah Malang sepanjang 152 meter, sedangkan dari arah Surabaya 153 meter, untuk bentangan tengah (persis posisi terowongan) 38 meter, dengan dua lajur untuk arah Malang ke Surabaya, dan dua jalur kearah sebaliknya," ungkap Agus, Senin (14/1/2019).

Dalam pembangunan Underpass ini, urai Agus, waktu normal pengerjaannya selama lima bulan, akan tetapi bakal dikebut hingga menjadi tiga bulan.

"Agar underpass bisa segera digunakan, pengerjaannya bakal dikebut. Untuk finishing kan bisa sambil jalan, supaya gangguan lalulintas tidak lama," paparnya.

Agus menambahkan, pihaknya telah memilih untuk membangun underpass setelah ada beberapa kajian dari tim yang menilai untuk biayanya lebih murah dan cepat dibandingkan dengan fly over.

"Untuk biayanya saya tidak tahu persis, jadi saya nggak bisa ngomong. Takutnya sudah ngomong dan ada perubahan. Tapi kira-kira ya tidak sampai Rp 100 miliar," Agus mengakhiri. (yog)

TerPopuler