Stok Ikan Laut Menipis, Harga Melambung Di Pasar Klojen

Stok Ikan Laut Menipis, Harga Melambung Di Pasar Klojen

28 Jan 2019, 12.58
Loading...

Malang Satu - Akibat cuaca buruk yang masih terjadi diperairan laut selatan jawa. Mengakibatkan menipisnya stok ikan laut dipasaran. Dampaknya, hargapun melambung hampir 20 persen, disejumlah pasar tradisional di Kota Malang.

Seperti yang nampak di sejumlah lapak penjual ikan laut di pasar Klojen, Kota Malang. Selain mengalami kenaikan harga, stok ikan yang tersediapun terbatas.

Penjualpun memilih menutup lapak dagangannya. Dikarenakan selama tiga hari terakhir ini. Tak mendapatkan pasokan ikan laut dari sejumlah tengkulak yang biasanya mengirim ikan laut dari sejumlah nelayan.

"Sudah tiga hari ini stok kosong, karena cuaca buruk. Kabarnya tingginya ombak sampai 4 meter. Sehingga nelayan dengan perahu kecil tidak berani melaut." Ujar Aminah, salah satu pedagang.

Dari pantauan malangsatu.net disejumlah lapak pedagang. Harga ikan laut rata-rata mengalami kenaikan lebih dari 20 persen. Seperti ikan dorang yang biasa dijual dengan harga 50.000 rupiah. Kini melonjak hingga 80.000 rupiah.

Sementara Cumi kini dijual 40.000 rupiah per kilo gram. Sedangkan ikan tuna yang biasa dijual dengan harga 35.000 rupiah. Kini dijual dengan harga 50.000 rupiah. Itupun banyak stok yang kosong.

"Biasanya untuk di pasar ini, ada tengkulak ikan laut , yang mengirim dari nelayan di Sendang Biru dan wilayah Pasuruan. Tapi sudah tiga hari ini stoknya kosong." Ungkapnya.

Para pedagangpun, berharap kondisi cuaca diperairan laut selatan jawa kembali normal. Sehingga harga dan stok ketersediaan ikan laut bisa seperti semula. (aga)

TerPopuler