Piala Adipura akan Dibawa ke Gema Desa

Piala Adipura akan Dibawa ke Gema Desa

14 Jan 2019, 17.11
Loading...

Malang Satu - Rencananya, Selasa (15/1/2019) esok, Piala Adipura kesebelas yang diperoleh Pemkab Malang secara beruntun ini, akan mendarat di Bumi Arema. Selanjutnya bersama-sama, Piala Adipura akan dibawa menuju Pendopo Kabupaten Malang, di Jalan Panji, Kepanjen.

"Saya landing di Bandara Abd Saleh sekitar pukul 08.00, membawa Piala Adipura. Kemudian bersama-sama dibawa ke Pendopo Kepanjen oleh Muspika, dan diterima oleh Sekda," ungkap Wakil Bupati Malang sekaligus pelaksana tugas Bupati, HM. Sanusi, Senin (14/1/2019).

Adipura merupakan program pemerintah pusat dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan sejumlah pendekatan. Mulai pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persampahan, dan pendekatan implementasi penghijauan. Dan salah satu penilaiannya, adalah tentang pengelolaan sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Budi Iswoyo mengatakan, Piala Adipura rencananya akan langsung dibawa ke acara Gema Desa di Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, pada hari Rabu. Wakil Bupati Malang, akan menunjuk pejabat yang akan membawa Piala Adipura tersebut, untuk diarak menuju Kecamatan Kepanjen.

Nantinya saat di perbatasan Kecamatan Pagak dan Kecamatan Kepanjen, Piala Adipura akan diserahkan kepada Camat Kepanjen. Selanjutnya Piala Adipura akan dikirab keliling Kota Kepanjen, sebelum nantinya singgah sementara di Kantor Kecamatan Kepanjen.

"Setelah singgah di Kecamatan Kepanjen, Piala Adipura tersebut akan kami ambil lagi untuk kemudian disimpan di ruang Bupati Malang," ucapnya.

Sekadar diketahui, diawal tahun 2019, KLHK memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan. Terdiri dari satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan lima Plakat Adipura. KLHK juga memberikan penghargaan Nirwasita Tantra 2018 kepada tiga Gubernur, enam Walikota dan enam Bupati. Pada periode sebelumnya, Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna menerima penghargaan Nirwasita Tantra tersebut dari Wapres. (yog)

TerPopuler