Pertahankan 11 Kali Adipura Berkat Bank Sampah

Pertahankan 11 Kali Adipura Berkat Bank Sampah

15 Jan 2019, 11.30
Loading...

Malang Satu - Wakil Bupati Malang sekaligus Pelaksana Tugas Bupati, HM Sanusi mengatakan, target nasional pengelolaan sampah di Kabupaten Malang punya andil besar dalam mempertahankan Piala Adipura yang ke 11 kalinya.

Kata Sanusi, seperti adanya pengurangan sampah hingga 30 persen, sehingga pada tahun 2025 nanti dapat mencapai 70 persen dalam penanganan sampah
         
“Untuk itu, Pemerintah berharap prinsip tersebut akan menjadi dasar pergeseran paradigma pengelolaan sampah dengan harus bergerak ke hulu. Sehingga upaya-upaya pengurangan sampah menjadi penentu yang penting,” tegas Sanusi, Selasa (15/1/2019) usai menyerahkan Piala Adipura pada Muspika Kepanjen.

Sanusi menjelaskan, Pemkab Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam upaya mempertahankan prestasi Adipura. Diantaranya, mendirikan bank sampah yang kini hampir seluruh wilayah di Kabupaten Malang sudah memiliki bank sampah aktif. Selain itu, masyarakat juga melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Dan ada  juga pengolahan sampah seperti Reduce, Reuse, Recycle (3R), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berbasis edukasi dan wisata.

“Ada 60 titik pantau kota bersih, hijau dan teduh, yakni di sekolah, pasar, perkantoran, ruang publik dan TPA. Bahkan, Kabupaten Malang memastikan diri sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan sampah terbaik skala nasional,” pungkasnya. (yog)

TerPopuler