Pemkab Malang Usulkan Jalan Tol Bisa Tembus Kepanjen

Pemkab Malang Usulkan Jalan Tol Bisa Tembus Kepanjen

13 Jan 2019, 15.25
Loading...
Malang Satu - Pemerintah Kabupaten Malang mengusulkan agar proyek pembangunan jalan tol di wilayahnya, bisa dilanjutkan hingga Malang Selatan, tepatnya di Kepanjen.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Malang, HM Sanusi, beberapa waktu lalu. Sanusi berharap pembangunan tol Malang-Pasuruan (Mapan) bisa berlanjut hingga ke Kepanjen. Dan usulan itu, sudah disampaikan pada pemerintah pusat.

"Pemerintah Kabupaten Malang telah mengusulkan pembangunan tol Malang-Pandaan dilanjutkan hingga ke Kepanjen," terang Sanusi, Minggu (13/1/2019).

Sanusi menerangkan, ruas tol tersebut dibangun hingga ke Kepanjen, ada banyak dampak positif yang didapat. Salah satunya kemacetan yang makin berkurang dan waktu tempuh bagi kendaraan-kendaraan angkutan barang jadi terpangkas.

Sebagai informasi, tol Mapan digarap dalam lima seksi. Hingga saat ini, seksi satu hingga empat sudah hampir rampung. Namun, pengerjaan seksi lima terancam molor karena kendala pembebasan lahan.

Pemerintah menggelontorkan anggaran mencapai Rp 5,97 triliun untuk tol Mapan. Tol tersebut diproyeksikan selesai dan siap dioperasikan pada bulan April tahun ini.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga Malang-Pandaan, ruas tol Malang memiliki panjang total 38,48 kilometer. Rinciannya, seksi satu Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,457 kilometer, seksi dua Purwodadi-Lawang 8,05 kilometer, seksi tiga  Lawang-Singosari 7,10 kilometer, seksi empat Singosari-Pakis 4,75 kilometer dan terakhir seksi lima Pakis-Kota Malang 3,113 kilometer. (yog)

TerPopuler