Menantu Banyak Hutang, Sapi Mertua Dicuri

Menantu Banyak Hutang, Sapi Mertua Dicuri

24 Jan 2019, 12.57
Loading...

Malang Satu - Berdalih punya banyak hutang, membuat Gunowo (40) gelap mata. Ia nekat mencuri sapi milik Siyam (56), warga Dusun Lasah, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, yang tak lain mertuanya sendiri.

Kapolsek Karangploso, AKP Effendy Budi Wibowo menjelaskan, peristiwa pencurian itu terjadi pada Selasa (8/1/2019) lalu. Saat itu pelaku mencuri satu ekor sapi jantan jenis londoan.

"Saat kejadian pemiliknya tidak ada di rumah. Mengetahui rumah dalam keadaan kosong, pelaku masuk ke kadang, kemudian melepaskan ikatan tali dan menuntun sapi tersebut keluar kandang, dan dibawa pergi," jelas Effendy dalam rilis di Polsek Karangploso, Kamis (24/1/2019) siang.

Effendy melanjutkan, sapi tersebut dijual pelaku kepada orang yang kini masih dalam penyelidikan polisi. Sapi jantan berumur sekitar dua tahun tersebut dijual pelaku dengan harga Rp 9 juta.

"Untuk pembeli masih dalam penyelidikan. Barang bukti sudah ditemukan dan dikembalikan ke pemiliknya. Dari pembeli itu masih dikasih 3 juta, sisanya janji akan dibayar. Tapi sebelum dibayar yang kedua, tersangka tertangkap," bebernya.

Effendy mengatakan, selama ini Gunowo tidak tinggal serumah dengan mertuanya itu. Namun, rumah Gunowo bersebelahan dengan Siyam.

"Dia ini kan juga ikut merawat sapi tersebut. Ada empat ekor sapi yang dimiliki korban, yang satu ini dicuri pelaku," tandasnya.

Akibat perbuatannya itu, Gunowo kini harus mendekam di rumah tahanan Polsek Karangploso. Gunowo bakal dijerat pasal 363 KUHP juncto 367 KUHP dengan ancaman hukuman diatas tujuh tahun.

Sementara itu, Gunowo yang tinggal di Dusun Lasah, Tawangargo, Kecamatan Karangploso mengaku butuh uang untuk bayar hutang.

"Untuk bayar hutang pak. Saya kan juga ikut cari rumput tiap hari. Itu ada empat sapinya, makanya satu saya ambil," kata Gunowo. (yog)

TerPopuler