Mandikan Dewa Dewi Jelang Imlek

Mandikan Dewa Dewi Jelang Imlek

30 Jan 2019, 13.49
Loading...

Malang Satu - Menjelang perayaan tahun baru imlek, kesibukan nampak terus terjadi di pusat ibadah Klenteng Eng An Kiong. Setelah  melakukan Upacara Sung Sien, masyarakat Tionghoa kembali melakukan ritual, puluhan umat Buddha Mahayana, Khong Hu Cu dan Thao berkumpul di Klenteng untuk membersihkan rupang atau patung dewa dewi supaya kembali suci.

Sejak pagi, puluhan masyarakat Tionghoa berkumpul di Klenteng dan membersihkan rupang. Mereka menggunakan air bunga dan sabun. Sebagai simbol pembersihan diri usai menjalani aktifitas dalam satu tahun lalu, sebelum datangnya tahun baru.

Humas Yayasan Klenteng Eng An Kiong, Bonsu Anton Triyono mengungkapkan, setelah melakukan upacara Sung Sien, para dewa-dewi naik ke atas untuk melaporkan segala perbuatan umatnya di dunia selama satu tahun.

"Pada masa tersebut, kami melakukan pembersihan Rupang dan membersihkan altar. Kami lakukan kegiatan ini sekitar satu minggu sebelum Imlek," terangnya.

Nantinya, ratusan rupang tersebut dibersihkan dalam jangka waktu sekitar 10 hari. Hal tersebut dilakukan sekaligus sebagai bentuk rasa syukur.

"Klenteng didirikan sebagai simbolis sebagai keluarga. Kami tunduk dengan para leluhur,," kata dia.

Diharapkan seluruh masyarakat Tionghoa di Malang Raya ini, untuk menyambut Tahun Baru Imlek dengan sangat gembira. Dengan pengharapan mampu meningkatkan perbuatan baik menuju tahun baru.

"Imlek menandakan datangnya musim semi di muka bumi belahan utara. Ini merupakan peristiwa dari Tuhan Yang Maha Esa dan harus kita syukuri bersama," tandas dia. (aga)

TerPopuler