Liwetan Akbar Nahdlatul Ulama Kokohkan Persatuan Bangsa

Liwetan Akbar Nahdlatul Ulama Kokohkan Persatuan Bangsa

30 Jan 2019, 16.33
Loading...

Malang Satu - Untuk terus memperkuat persatuan dan komunikasi yang terjaga dengan baik dikalangan  pesantren. Ribuan santri, nampak memadati Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Kota Malang. Para santri tersebut mengikuti acara bertajuk Liwetan Akbar, yang di gelar guna semakin menjalin silaturahmi lintas generasi.

Menurut Panitia Acara, Zaini Nasruddin mengungkapkan, PWNU Jawa Timur menggeber acara liwetan untuk meningkatkan rasa kebersamaan.  Sesuai dengan filosofi Menu liwetan tersebut terdiri dari nasi yang dipadukan dengan beberapa lauk. Seperti sambal tomat, kerupuk, ayam, daging hingga ikan. Dan dinikmati banyak orang dengan menu yang sama rata.

"Diharapkan dengan acara ini, mampu semakin meningkatkan komunikasi dan kebersamaan diantara kalangan pesantren." Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar menambahkan, negara Indonesia sangat luas keragamannya, multi etnis, agama, bahasa, seni dan budaya serta keragaman lainnya. Sehingga sangatlah penting untuk seluruh elemen masyarakat, menjaga persatuan dan keutuhan berbangsa.

"Berpedoman pada Pancasila, NU melihat sudah sesuai dengan nilai Islam ahlis sunnah waljamaah annahdliyyah," paparnya.

Secara spesifik, ditengah momen tahun politik, ia meminta para tokoh agama dan tokoh pesantren untuk memberikan khutbah supaya tidak terjadi perpecahan.

 "Sesama bangsa Indonesia, kita ini bersaudara. Jangan sampai terpecah-belah, nanti kita rugi sendiri," tambhanya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya berharap, liwetan akbar tersebut bisa terus berlanjut.

"Jadi, tidak hanya untuk wilayah Jawa Timur saja, tapi juga Nasional. Supaya silaturahmi tetap terjaga," tutup KH Marzuki Mistamar. (aga)

TerPopuler