Kurangi Macet di Proyek Underpass dengan Rekayasa Jalan

Kurangi Macet di Proyek Underpass dengan Rekayasa Jalan

24 Jan 2019, 13.53
Loading...

Malang Satu - Kemacetan lalu lintas di pertigaan traffic light Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sudah terurai. Sebelumnya, di pertigaan lampu merah Karanglo tersebut terjadi kemacetan yang cukup panjang, baik yang menuju Malang maupun Surabaya.

Kemacetan disebabkan adanya pembangunan underpass Karanglo atau pintu keluar Jalan Tol Pandaan-Malang. Namun, setelah ada rekayasa di jalur utama menuju Malang dan Batu dari perusahaan Pembangunan Perumahan (PP) Persero Tbk selaku kontraktor pembangunan underpass dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang, tidak lagi terlihat adanya kepadatan kendaraan.

Proyek Manager (PM) Pembangunan Underpass Karanglo PP (Persero) Tbk Ramli Latief, Kamis (24/1/2019) mengatakan,  kemacetan kendaraan di pintu keluar  Jalan Tol Pandaan-Malang di Karanglo, sudah kembali lancar.

 “Kemacetan lalu lintas terurai di Karanglo, karena pihaknya bersama Pemerintah Daerah setempat, dan Satlantas Polres Malang membuat rekayasa jalan,” ujarnya.

Kata Ramli, pembangunan underpass sesuai rencana akan selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Sedangkan panjang underpass yang dibangun PP (Persero), sepanjang 350 meter, dan untuk lebar jalan empat lajur. Selain underpass, untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalur Malang-Surabaya, PP juga mengatisipasi banjir di area underpass. Sedangkan untuk mengantisipasi banjir tersebut, pihaknya menggunakan dua sistem, yakni sistem dengan menggunakan mekanical dan sistem grafitasi.
         
“Artinya, sistem yang kita buat untuk antisipasi banjir itu, pihaknya memasang pipa sepanjang 250 meter dengan diameter 60, yang kita alirkan ke Sungai Bodo Mondoroko, lokasinya tidak jauh dari pembangunan underpass yang kita bangun ini,” papar Ramli.
         
Ramli menambahkan, untuk mengejar target waktu penyelesaian pembangunan underpass Karanglo, pihaknya bekerja selama 24 jam. Meski pekerjaan dilakukan tanpa henti, namun tidak mengganggu pengendara bermotor. Hanya saja pada hari pertama pembangunan,  memang terjadi kemacetan, dan sekarang sudah kembali lancar. (yog)

TerPopuler