KPU Gandeng Relawan Demokrasi, Tekan Angka Golput

KPU Gandeng Relawan Demokrasi, Tekan Angka Golput

22 Jan 2019, 17.14
Loading...

Malang Satu – Guna menekan angka golput dalam partisipasi masyarakat untuk turut memilih dalam Pemilu April nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, melakukan sejumlah upaya untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi negeri ini.

Salah satunya dengan mengandeng puluhan orang, yang tergabung dalam relawan demokrasi.  Guna memenuhi target KPU sebanyak 70 persen, keikutsertaan masyarakat dalam pemilihan umum nanti.

Seluruh relawan demokrasi ini, diberi sejumlah pelatihan langsung oleh KPU kota malang, yang digelar disalah satu hotel di Kota Malang, pada selasa,(22/1/2019).

Rata-rata puluhan relawan yang mayoritas berasal dari generasi milenial, yang dinilai sangat dengan perkembangan jaman. Yang nantinya mampu melakukan pendekatan pada pemilih pemula dalam menggunakan hak suaranya.

“Prinsip dasar dibentuknya relawan demokrasi adalah bagian dari strategi secara nasional untuk meningkatkan partisipasi pemlih di dalam pemili 2019. kedua, kami juga melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif membangkitkan kepercayaan publik terhadap proses penyelenggaraan pemilu. sehingga nanti kualitas pesta demokrasi sesuai harapan kita bersama.” ujar Zaenudin, Ketua KPU Kota Malang.

Kini, sebanyak 55 orang relawan demokrasi ini. Tengah dibekali sejumlah pemahaan terkait pelaksanaan pemilu. Seperti teknis penyelenggaraan pemilu, kode etik relawan demokrasi, pengetahuan umum tentang pemilu, komunikasi politik.
Nantinya relawan demokrasi ini, akan dibagi menjadi beberapa kelompok, yang nantinya akan melakukan sosialisasi kesejumlah segmen masyarakat.Seperti kalangan disabilitas, keluarga, hingga netizen. Dengan menggunakan metode kampanye di media sosial.

“Relawan demokrasi ini segmentasi atau sasaran sosialisasi lebih bervariatif. ada 10 segmen sosialisasi, misalkan kelompok disabilitas, marginal, pemilih pemula, generasi muda, kalangan keagamaan, kalangan perempuan, netizen, dll. ini yang kami angkat mencoba 10 segemen ini dibidik, sehingga nanti paritisipasi di kota malang meningkat dari pemilu sebelumnya.” tambahnya.

Pihak KPU Kota Malang, menekankan bahwa tugas relawan demokrasi kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya. Selain untuk menekan angka golput. Adanya relawan demokrasi juga sebagai upaya untuk membangkitkan kepercayaan publik, terhadap penyelenggaraan pemilu. (aga)

TerPopuler