Ini Jumlah Kendaraan yang Melintas di Jalan Raya Lawang-Singosari saat Liburan

Ini Jumlah Kendaraan yang Melintas di Jalan Raya Lawang-Singosari saat Liburan

11 Jan 2019, 21.01
Loading...

Malang Satu - Proyek pembangunan jalan Tol Pasuruan-Malang (Pamal) dan Underpass Karanglo, Kabupaten Malang, bakal digeber tahun ini.

Dimana item pekerjaan meliputi Frontage sisi timur, akan diawali pada bulan ini. Underpass akan dikerjakan Januari-Februari 2019. Underpass pendekat sisi Surabaya dan sisi Malang akan dilaksanakan bulan Januari hingga April 2019.

Sedang pembangunan untuk Frontage Sisi Barat, akan dimulai pelaksanaanya pada bulan April hingga Mei 2019. Pelaksaan proyek tersebut, untuk memperlancar arus lalu-lintas yang sangat padat jika musim liburan tiba.

Pembangunan jalan tersebut juga akan berdampak dengan kemacetan sementara sepanjang pengerjaan proyek berlangsung.

Menanggapi hal ini, Kasatlantas Polres Malang, AKP Wiliam Thamrin Simatupang mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sedemikian rupa untuk melakukan rekayasa jalan dalam mengurai kemacetan.

"Selain mempersiapkan jalur Contraflow dan Jalur Alternatif, kami juga menyiapkan Frontage," Ungkap William, Jumat (11/1/2019) sore diruang kerjanya.

Dengan adanya pembangunan Underpass ini, lanjut William, para pengguna jalan dari dari Surabaya menuju Malang akan dilewatkan di bahu jalan (Frontage) sisi timur jalan Raya Karanglo.

‘’Dalam pembangunan Underpass ini, arus lalu lintas dari Surabaya menuju Malang tidak akan terganggu. Masyarakat diimbau supaya bersabar," jelasnya.

Tingginya volume kendaraan selama ini menjadi penyebab kemacetan di jalur Lawang-Singosari. Satu contoh pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 lalu, jumlah kendaraan yang melintas di hari Sabtu (29/12/2018) saja mencapai 8.430 unit kendaraan roda empat atau lebih. Khusus bus pariwisata sebanyak 216 unit. Sementara kendaraan roda dua atau motor, mencapai 7.612 unit.

Seluruh kendaraan itu terpantau melintasi Jalur Lawang-Singosari pada pukul tujuh pagi sampai pukul lima sore hari.

“Sabtu dan Minggu jika hari libur tiba, volume kendaraan sangat tinggi. Sejingga dengan pembangunan underpass nanti bisa mengurai kemacetan. Dalam tahap pelaksanaannya kita siapkan jalur alternatif dan bula tutup jalan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” pungkas William. (yog)

TerPopuler