Ini Bangunan Di Kota Malang Yang Masuk Wisata Heritage

Ini Bangunan Di Kota Malang Yang Masuk Wisata Heritage

14 Jan 2019, 18.29
Loading...

Malang Satu - Kota Malang dinobatkan sebagai Kota Wisata Heritage. Demikian disampaikan Walikota Malang, Sutiaji, Senin (14/1/2019).

Kata dia, setiap sudut di Kota Malang, terdapat bangunan legendaris yang berusia ratusan tahun.

“Malang menjadi Heritage Tourism, jadi kita menjadi Kota Heritage. Saya telah menyerahkan, sertifikat penetapan bangunan cagar budaya dari tim ahli kepada pelaku wisata di Malang,” kata Sutiaji.

Ada 32 bangunan-struktur cagar budaya yang ditetapkan diantaranya Balaikota, gedung Bank Indonesia, gedung Kantor Pajak Pratama, Gereja Immanuel, Gereja Ijen, Sekolah SMA 4, bangunan Rumah Dinas Walikota, bangunan Sekolah Corjesu.

Kemudian ada pula Hotel pelangi, Rumah ex Toko NIMEF, Bangunan Asrama Bali, Bangunan Gedung AIA, Stasiun Kota Lama, Bangunan Makam Bupati Malang, Bangunan Rumah Anjasmoro 25, Struktur Tandon Air Tlogomas, Struktur jembatan Mojopahit, Struktur Jembatan Kahuripan, Struktur Buk Gluduk, Bangunan KPPN, Gereja Hati Kudus, Sekolah Frateran, gedung Bank Mandiri Merdeka dan gedung Bank Commenwealth.

“Teman-teman Budayawan dan teman Arsitek juga menghendaki, tidak salah Malang menjadi tujuan Heritage karena maknanya cukup luas. Kita mempunyai akar budaya Indonesia, terlebih akar budaya Malang yang harus kita kuatkan,” ujar Sutiaji.

“Sehingga kita tetapkan selain kawasan heritage maka ada bangunan-bangunan heritage yang dipertahankan. Karena kalau kita tidak pempertahankan dan tidak menghiraukan, pelan tapi pasti itu akan berubah dan punah. Kita sudah banyak kehilangan Heritage dari Kota Malang,” imbuh Sutiaji.

Sutiaji menambahkan, selain bangunan, ada beberapa tumbuhan yang masuk kategori pohon heritage. Antara lain, pohon trembesi yang bentuknya seperti jendela, pohon beringin yang usianya sudah tua, pohon kenari yang jumlahnya lebih dari 147 pohon dan juga teratai termasuk tumbuhan heritage yang tidak banyak dipunyai kota lain.

“Pohon-pohon tersebut jangan sampai punah. Tentunya akan ada punishment bagi siapapun yang merusak kawasan Heritage di Kota Malang,” pungkasnya. (yog)

TerPopuler