Hujan Deras, Tiga Pohon di Kepanjen Tumbang

Hujan Deras, Tiga Pohon di Kepanjen Tumbang

30 Jan 2019, 16.29
Loading...

Malang Satu - Hujan deras disertai angin yang menerjang wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang,  mengakibatkan sejumlah pohon di pinggir jalan raya tumbang, Rabu (30/1) sore ini.

Ada tiga titik pohon yang tumbang, yakni di Desa Curungrejo dua pohon dan Desa Panggungrejo, satu pohon.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat pohon tumbang, jalanan cenderung sepi tidak ada kendaraan yang melintas. Namun demikian, arus lalu lintas terganggu karena pohon tumbang menutup seluruh badan jalan raya.

"Sama sekali tidak ada korban. Hanya mengganggu arus lalu lintas, karena kendaraan tidak bisa melintas," ujar Mudji Utomo, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Rabu (30/1/201) sore.

Dikatakannya, pohon tersebut tumbang saat hujan deras disertai angin. Kemungkinan  penyebab tumbangnya pohon karena akarnya sudah tidak kuat. Terlebih pohon yang tumbuh di pinggir sungai.

"Selain karena akarnya yang tidak kuat dan rapuh, juga lantaran angin cukup kencang. Sebab pohon yang ada di pinggir jalan raya, sejenis trembesi tidak memiliki akar tunjang yang kuat," tuturnya.

Supaya arus lalu lintas bisa kembali normal, tim PMI Kabupaten Malang langsung terjun ke lokasi. Menggunakan gergaji mesin, personil PMI langsung memotong dan membersihkan pohon yang tumbang tersebut. Arus mulai lancar sekitar satu jam pasca kejadian pohon tumbang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiono, sebelumnya sudah mengimbau masyarakat untuk waspada. Terutama ketika hujan deras disertai angin yang kencang. BPBD mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon.

"Ketika hujan deras dan angin, pengguna jalan lebih baik menepi dengan mencari tempat aman. Jangan berteduh di bawah pohon, karena rawan tumbang," ungkap Bagyo Setiono beberapa waktu lalu. (yog)

TerPopuler