FKDT: Pemkab Malang Harus Peduli Madrasah Diniyah

FKDT: Pemkab Malang Harus Peduli Madrasah Diniyah

29 Jan 2019, 19.57
Loading...

Malang Satu - Terdapat 4.921 Madrasah Diniyah (Madin) dan juga Taman Pendidikan Al Quran di Kabupaten Malang. Jumlah itu masih ditambah 643 lembaga pendidikan setingkat madrasah dalam naungan LP Maarif PCNU setempat.

Ditengah rencana kebijakan Bantuan Operasional Pendamping Sekolah (Bosda) melalui P-APBD tahun 2019 di Kabupaten Malang, pemerintah setempat diharapkan lebih peduli pada pendidikan madrasah diniyah.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Komunikasi Diniyah dan Taklimiyah (FKDT) Kabupaten Malang, Gus Nasruk, Selasa (29/1/2019).

Menurutnya, FKDT mendukung dan mendorong Pemkab Malang agar lebih memperhatikan madrasah terlebih madrasah diniyah (Madin). “Selama ini belum ada anggaran yang pasti untuk madrasah terutama madrasah diniyah. Padahal di Kabupaten Malang, hampir seluruh desa memiliki madrasah diniyah yang turut berkontribusi secara langsung dalam pembangunan SDM dibidang keagamaan,” tegas Gus Nasruk.

Kata dia, FKDT berharap Pemkab Malang peduli dengan madrasah diniyah. FKDT juga mendukung agar RUU tentang pondok pesantren dan pendidikan keagamaan, segera dijadikan UU.

 “Karena lewat UU ini akan semakin memberikan legitimasi terhadap keberadaan pondok pesantren. Sehingga, pendidikan keagamaan yang didalamnya ada madrasah diniyah, bisa lebih di perhatikan lagi oleh pemerintah,” pungkasnya. (yog)

TerPopuler