Dampak Proyek Underpass, Polisi Sarankan Pilih Jalan Alternatif

Dampak Proyek Underpass, Polisi Sarankan Pilih Jalan Alternatif

24 Jan 2019, 13.06
Loading...

Malang Satu - Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malang belum memberlakukan Contraflow  di sekitar proyek pembangunan underpass Tol Malang Pandaan, Karanglo, Singosari, Kamis (24/1/2019).

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Ipda Ahmad Taufik mengatakan, pihaknya belum menerapkan sistem buka tutup jalur atau Contraflow dalam mengantisipasi adanya kemacetan di proyek pembangunan Underpass di Karanglo, Singosari.

"Nanti kalau kami berlakukan contra flow dikhawatirkan semakin macet. Karena jalur di sini sempit," ungkapnya.

Taufik menjelaskan, penerapan contraflow ini akan di berlakukan setelah pengerjaan pelebaran jalan sudah selesai. Saat ini, masih dikerjakan pembangunan di sisi kiri jalan sekitar trotoar supermarket di sekitar kawasan itu.

"Kami menunggu pekerjaan pelebaran jalan selesai, dan saat ini sedang digarap oleh para pekerja," jelasnya.

Ipda Taufik melanjutkan, jika dipaksakan dengan memberlakukan contraflow , dikhawatirkan bakal terjadi penumpukan kendaraan dan semakin macet untuk arus dari Malang Kota. Namun, diprediksi, pembangunan jalan itu tidak akan lama lagi.

"Jika lajur kiri yang saat ini tengah dikerjakan selesai, maka dapat dimanfaatkan untuk mengurai kemacetan. Mungkin Minggu depan Contraflow sudah bisa di lakukan dan jalan sudah selesai," ulasnya.

Untuk itu, Taufik mengimbau agar masyarakat mulai menggunakan jalur alternatif. Soal jalur alternatif, kepolisian sudah memasang papan-papan penunjuk jalur alternatif. Seperti, jalur alternatif menuju Kota Batu bisa lewat Karangploso atau sebaliknya, dari Batu ke Singosari bisa lewat Karangploso dan keluar dari Songsong, Singosari.

"Tapi banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan ini. Makanya kami imbau agar masyarakat juga memanfaatkan jalur alternatif," pungkasnya. (yog)

TerPopuler