Ceramah Gus Muwafiq Pukau Ribuan Jamaah Masjid Gondanglegi

Ceramah Gus Muwafiq Pukau Ribuan Jamaah Masjid Gondanglegi

19 Jan 2019, 23.15
Loading...

Malang Satu - Ribuan jamaah Masjid Besar Gondanglegi, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, meluber hingga ke jalan raya, Sabtu (19/1/2019) saat menghadiri pengajian umum dengan penceramah kondang asal Jogyakarta, KH.Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq).

Dalam pengajian umum bertema “Rekatkan Persaudaraan, Tebarkan Kasih Sayang” ini, dipelopori MCW NU Gondanglegi dan Para Badan Otonom (Banom) serta Remaja Masjid atau ERMA Gondanglegi.

Ketua GP Ansor Gondanglegi, Inamulloh mengatakan, dihadirkannya Gud Muwafiq dalam pengajian umum karena warga nahdliyin Gondanglegi memandang, jika Gus Muwafiq ini seorang kyai dan juga dai yang menyejukkan dalam setiap ceramahnya.

“Ceramah Gus Muwafiq ini selalu menyejukkan, dalam menjelaskan islam kepada umat sangat mudah dimengerti serta tanpa adanya caci maki. Ceramah yang seperti ini yang sebenarnya dirindukan oleh umat islam hari ini,” kata Inamulloh, Sabtu (19/1/2019) malam di sela-sela pengajian berlangsung.

Kata dia, harapan dengan digelarnya pengajian umum malam ini, selaku umat islam khususnya di Gondanglegi, dapat tercerahkan oleh ceramah yang disampaikan Gus Muwafiq.

“Antusias umat islam Gondanglegi terlihat sangat besar dengan membludaknya jamaah yang hadir. Bahkan di dalam masjid penuh, sampai meluber ke jalan. Kami perkirakan 2000 jamaah hadir pada malam ini,” beber Inamulloh.

Sementara itu, dalam tausiyahnya Gus Muwafiq menyampaikan, bahwa ber islam itu tidak harus kaku. Menjadi orang islam itu mudah, asalkan tetap istiqomah mengikuti ulama.

“Kita ini umat yang tidak bertemu Rosululloh secara langsung. Maka dari itu, kita harus ikut ulama sebagai pewaris dari Rosululloh,” kata Gus Muwafiq.

Dai kondang dengan rambut ikal memanjang ini menambahkan, umat islam harus tetap ikut ulama.  Karena saat ini, banyak orang yang sudah tidak mau ikut ulama karena lebih mengikuti syekh google.  Sehingga banyak orang pinter tapi tidak memiliki akhlak yang baik.

Kedepan, lanjut Inamulloh, kegiatan serupa harus terus di kembangkan sebagai upaya dalam memberikan pencerahan kepada umat islam dan meningkatkan pemahaman keislaman bagi umat.

“Dengan seringnya kita buat acara seperti ini, umat islam tidak mudah terhasut oleh ajaran-ajaran yang menyimpang dari islam,” pungkasnya. (yog)

TerPopuler