Bulan Ini, Sudah 72 Orang Kena Demam Berdarah

Bulan Ini, Sudah 72 Orang Kena Demam Berdarah

23 Jan 2019, 20.47
Loading...

Malang Satu - Jagalah kebersihan lingkungan dan tempat tinggal anda. Sampai akhir Januari 2019 ini, di Kabupaten Malang sudah 72 orang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Sebaran penyakit menular melalui nyamuk aedes aegypti tersebut, diprediksi meningkat seiring curah hujan tinggi saat ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Kabupaten Malang, dr Ratih Maharani mengatakan, penderita DBD di Kabupaten Malang pada Januari 2019 ini sebanyak 72 orang.

"Data tersebut terhitung per kemarin. Dari 72 orang itu tidak ada yang meninggal dunia," ungkap dokter Ratih, Rabu (23/1/2019).

Ratih menjelaskan, penyakit DBD ini terjadi karena adanya genangan  air, dan biasanya terjadi di diaerah dataran rendah.

"Biasanya kalau musim penghujan tiba akan diikuti dengan peningkatan penyakit DBD. Karena, Indonesia merupakan daerah tropis. Tapi, untuk daerah dataran tinggi, seperti Pujon Ngantang dan lainnya tidak ada yang terjangkit DBD," jelasnya.

Ratih melanjutkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui kader kesehatan untuk melakukan gerakan-gerakan pemberantasan sarang nyamuk.

"Musim hujan airnya cukup bersih, banyak genangan di talang rumah, bak mandi, bahkan di daun. Untuk itu haruslah segera dibersihkan supaya jentik nyamuk aedes aegypti yang di lingkungan rumah itu menjadi tidak ada. Kalau jentik tidak ada nyamuk tidak ada," pungkasnya. (yog)

TerPopuler